Ini 9 Manfaat Power Walking, Olahraga Simpel Tapi Sangat Menyehatkan

Rabu 04-09-2024,20:52 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

Dalam sebuah penelitian, tim peneliti menemukan bahwa kecepatan berjalan yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko gagal jantung yang lebih rendah. 

Dalam penelitian lain, ditemukan bahwa tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi pada wanita paruh baya dikaitkan dengan umur panjang dan kesehatan di kemudian hari, dan intensitas olahraga merupakan faktor penting. 

Wanita yang berjalan secara teratur dengan kecepatan sedang atau berat mempunyai kecepatan 90 persen. atau lebih mungkin untuk hidup di usia tua yang sehat, dibandingkan dengan mereka yang berjalan kaki dengan kecepatan sedang.

BACA JUGA:Buruan Daftar! PT Jasa Raharja Buka Loker BUMN Bagi Lulusan S1 Semua Jurusan

BACA JUGA:PT MUM Buka Loker BUMN Bagi Lulusan SMA, Cek Posisi yang Dibutuhkan Disini

5. Meredakan Stres

Jalan cepat dapat membantu mengalihkan fokus Anda untuk mengalihkan perhatian dari situasi stres. Jalan cepat juga dapat meningkatkan mood Anda. 

Seperti bentuk olahraga lainnya, jalan cepat mendorong pelepasan endorfin, neurotransmiter yang menghasilkan suasana hati lebih tenang dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

6. Fungsi Otak dan Kesehatan Mental

Jalan cepat memiliki manfaat kesehatan mental, termasuk meningkatkan keterampilan kognitif seperti pengambilan keputusan dan memori. Penelitian menunjukkan bahwa jalan cepat dapat membantu meningkatkan aspek-aspek penting fungsi kognitif pada orang lanjut usia praklinis yang sehat.

Studi ini menemukan bahwa jalan cepat dan teratur selama enam bulan menyebabkan perbaikan pada materi putih otak dan memori. Studi tersebut membandingkan jalan kaki dengan bentuk olahraga lain seperti peregangan, keseimbangan, dan koreografi.

BACA JUGA:Derita Kolesterol Tinggi? Ketahui Penyebabnya, Nomor 3 Perlu Diwaspadai

BACA JUGA:Heboh! Jasad Laki-laki Ditemukan tak Bernyawa di Dalam Rumah, Mengeluarkan Aroma tak Sedap

Pejalan kaki dan penari memiliki kesehatan kardiovaskular yang lebih baik setelah enam bulan berolahraga secara teratur. Para peneliti juga menemukan bahwa kedua kelompok mengalami peningkatan materi putih.

7. Kesehatan Tulang dan Sendi

Olahraga menahan beban, seperti jalan cepat secara teratur, dapat membantu meredakan nyeri sendi dan radang sendi hampir sama efektifnya dengan obat-obatan yang dijual bebas. 

Kategori :