Gunung Everest Impian Banyak Pendaki di Dunia, Simak Penjelasan Singkat Pendakian Pertama ke Puncak Tertinggi

Sabtu 03-08-2024,16:47 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

BACA JUGA:Samsung Tawarkan Smartphone Jaringan 5G Terbaru dengan Harga Terjangkau, Apa Saja?

BACA JUGA:Ini Dia Deretan Film Thailand Bertema High Achiever yang Bisa Menjadi Motivasi

Orang pertama yang memastikan bahwa Gunung Everest adalah puncak tertinggi di dunia adalah Radhanath Sikdar. Dia adalah seorang matematikawan dan topografi India dari Bengal. 

Metode yang digunakan adalah dengan mengambil sampel dari ukuran yang dipelajari berdasarkan posisinya sebelumnya dan melakukan perhitungan trigonometri.

Sementara itu, nama Everest ditentukan oleh Sir Andrew Waugh, Surveyor Jenderal Inggris di India, pada tahun 1865. Nama Everest berasal dari Sir George Everest, mantan surveyor. Bagaimana menarik bukan?

3. Ekspedisi Pendakian Gunung Everest Pertama Kali Dilakukan Sekitar Tahun 1921/1922

Seperti kita ketahui, Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia yang tingginya 8.848 meter di atas permukaan laut. Ada banyak ekspedisi untuk mendaki gunung ini. 

BACA JUGA:Kawasaki Luncurkan KLX 150 dengan Berbagai Fitur dan Tampilan Baru, Ini Harga yang Ditawarkan

BACA JUGA:6 Film Lawas Indonesia Terbaik Tahun 2000-an, Nontonnya Bisa Bikin Bernostalgia

Ekspedisi pertama dilakukan pada tahun 1921 atau 1922 oleh British Reconnaissance Expedition yang dipimpin oleh George Mallory dan Guy Bullock.

Sayangnya ekspedisi tersebut tidak mencapai puncak. Karena peralatan yang dibawa tim sangat sedikit. Mereka memutuskan untuk turun. Namun banyak informasi yang didapat tentang gunung Everest, terutama tentang kesulitan fisik dan teknis pendakian. 

Ekspedisi kedua George Mallory terjadi pada tahun 1924. Pada tanggal 8 Juni 1924, George Mallory mendaki ke puncak Everest bersama Andrew Irvine. Keduanya terakhir terlihat pada 8 Juli 1924, dalam perjalanan menuju puncak. Sejak itu tidak ada kabar lagi.

4. Orang Pertama Yang Dikonfirmasi Mencapai Puncak Gunung Everest

Pada tanggal 29 Mei 1953, orang pertama yang terkonfirmasi mendaki mencapai puncak Everest adalah Sir Edmund Hillary. Sir Edmund Hillary berasal dari Selandia Baru. Bersama pemandunya, Sherpa Tenzing Norgay, Edmund Hillary mendaki jalur South Col.

BACA JUGA:Bosan dengan Drakor? Ini Dia Beberapa Rekomendasi Drama China yang Sedang Populer

BACA JUGA:Ini Dia Tempat Wisata dengan Pemandangan Gunung Yang Menakjubkan

Kategori :