Mulai 1 Juli 2024 Mengurus SIM Harus Memiliki BPJS Kesehatan

Rabu 24-07-2024,19:02 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

BACA JUGA:Rekomendasi 3 HP Murah RAM Besar Terbaik 2024, Speknya Bukan Kaleng-kaleng!

Alasan BPJS Kesehatan Jadi Syarat Perpanjangan atau Pembuatan SIM

Kewajiban untuk memiliki BPJS Kesehatan dalam membuat Surat Izin Mengemudi sejalan dengan semangat yang tertuang dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2022. 

BPJS Kesehatan telah memberikan banyak manfaat kesehatan kepada masyarakat selama 10 tahun terakhir pemerintah melalui Rencana Pembangunan Menengah Nasional (RPJMN) menargetkan 98% penduduk Indonesia dapat mengikuti program JKN pada tahun 2024.

Selain itu, kepesertaan BPJS kesehatan yang diperoleh melalui perpanjangan atau pembuatan SIM tidak akan menimbulkan permasalahan bagi masyarakat. 

Persyaratan kepesertaan JKN tidak hanya menyulitkan masyarakat tetapi juga untuk memastikan seluruh penduduk Indonesia dilindungi asuransi kesehatan tanpa kecuali.

BACA JUGA:Harga Emas Dunia Turun, Emas Antam Lokal Hari Ini Masih Stagnan

BACA JUGA:OPPO A3 Pro 5G Diklaim HP Tahan Banting Kini Telah Hadir di Indonesia

Bagaimana Jika Tidak Punya BPJS Kesehatan

Kedepannya, verifikasi langganan BPJS Kesehatan Anda aktif menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan SIM. Masyarakat yang belum memiliki BPJS Kesehatan dan ingin mengajukan SIM tidak perlu khawatir. 

Pada minggu pertama pelaksanaan, petugas BPJS kesehatan akan dikerahkan di seluruh kantor polisi di wilayah uji coba. Petugas BPJS Kesehatan yang bertugas di kepolisian setempat akan melakukan kegiatan sosialisasi kepada pemohon SIM.

Jika Anda belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda dapat mendaftar dan mendapatkan saran dari perwakilan.Apabila pemohon SIM belum mengikuti JKN, dapat mendaftar dengan menghubungi PANDAWA di nomor Whatsapp 08118165165 atau melalui mobile app JKN. Petugas BPJS kesehatan setempat dapat memandu Anda melalui proses tersebut.

BACA JUGA:Perkuat Sektor Teknologi, Xiaomi Luncurkan Mobil Listrik Mewah Teknologi Terkini, Berikut Daftarnya

BACA JUGA:Benarkah Makan Buah Pakai Garam Baik untuk Kesehatan Ginjal? Simak Penjelasannya

Mari bersiap-siap kedepannya agar semua orang memiliki BPJS Kesehatannya ya.

Kategori :