Ingin Mendaki Gunung Tertinggi di Indonesia? Ini Dia Daftar Gunung yang Bisa Didatangi

Sabtu 18-05-2024,14:59 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

4. Puncak Trikora 

Puncak Trikora atau Ettiakup adalah sebuah gunung di Papua Barat, Indonesia. Puncak Trikora yang berketinggian 4.751 mdpl ini pertama kali diberi nama Wilhelminatop pada zaman Belanda. 

Di puncak Trikora terdapat hutan dipterokarpa bukit, hutan dipterokarpa atas, hutan montane, dan hutan gunung atau hutan Ericaceous.

5. Puncak Idenberg

Dengan ketinggian 4.673 mdpl, puncak ini merupakan bagian dari Pegunungan Jayawijaya. Pegunungan Jayawijaya mempunyai banyak puncak seperti Puncak Mandala, Trikora dan Yamin Carstenz.

6. Gunung Yamin

Puncak tertinggi terakhir di Papua adalah Gunung Yamin yang tingginya 4.595 meter di atas permukaan laut. Dibutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk mencapai Gunung Yamin. Gunung ini memiliki komposisi batugamping, klastik, dan karang glaciated.

BACA JUGA:Bareskrim Polri Turun Tangan Kerahkan Tim Kejar DPO Tiga Tersangka Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

BACA JUGA:Mencekam! Penampakan Mesin Pesawat Garuda Bawa Jemaah Haji Terbakar, Kemenag Beri Teguran Keras

7. Gunung Kerinci 

Gunung Kerinci berada 3.805 mdpl, yang merupakan salah satu puncak tertinggi di Sumatera yang berada di provinsi Jambi. Gunung ini memiliki pemandangan indah Jambi, Padang dan Bengkulu. Di belakangnya ada gunung tujuh  dan kawah yang indah.

8. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua setelah Kerinci, dengan ketinggian 3.726 mdpl. Di luar puncaknya, Gunung Rinjani tampak Danau Segara Anak. Kawasan ini dapat diakses melalui dua jalur pendakian resmi, Senaru dan Sembalun.

9. Gunung Semeru

Gunung yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini memiliki puncak 3.676 mdpl dan memiliki puncak yang sangat populer yaitu Mahameru. 

BACA JUGA:Pejabat yang Satu Ini 'Langganan' Duduki Jabatan Kosong Sementara di OPD Bengkulu Tengah

Kategori :