Karhutla di Bengkulu Tengah Mulai Marak, Lahan Dua Desa Terdampak

Senin 11-09-2023,12:16 WIB
Reporter : rakyatbenteng
Editor : Leonardo Ferdian

Karhutla di Bengkulu Tengah Mulai Marak, Lahan Dua Desa Terdampak

 

RAKYATBENTENG.COM - Musim kemarau yang berkepanjangan saat ini mengakibatkan timbulnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Lahan di dua desa menjadi terdampak. Yakni, di kawasan Desa Nakau Kecamatan Talang Empat terjadi karhutla pada Minggu, 10 September 2023 sore dan kawasan Desa Pondok Kubang Kecamatan Pondok Kubang pada Senin, 11 September 2023 pagi. Kebakaran sempat terjadi beberapa jam hingga akhirnya bisa dipadamkan oleh personel Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), kepolisian dan pemerintah desa setempat.

 

Kades Pondok Kubang, Hasan Basri membenarkan adanya kejadian tersebut. Sesaat setelah timbulnya api, pemerintah desa dibantu personel pemadam kebakaran memadamkan api tersebut.

 

"Benar, ada beberapa luasan lahan di desa kami yang terbakar. Ini kejadian juga tidak lepas dari musim kemarau saat ini. Kami imbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan lebih waspada. Mari bersama-sama menjaga agar karhutla ini tidak terjadi dan mudah-mudahan kemarau bisa cepat berakhir," ujar Hasan.

 

BACA JUGA:Memelihara Kucing Berpengaruh Positif Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?

 

BACA JUGA:Keseringan Buang Air Kecil Jangan Anggap Sepele! Bisa Jadi Anda Mengalami Penyakit Ini

 

Terpisah, Plt Kepala Dinas Damkar Benteng, Drs. Arman Kusnandar mengimbau kepada masyarakat untuk waspada pada musim kemarau. Terutama tidak melakukan pembayaran sampah sembarangan, membuang puntung rokok sembarangan dan lainnya.

 

"Personel selalu stanby jika ada karhutla terjadi. Silakan laporkan dan kami imbau juga agar warga tidak sembarangan dalam membakar sampah atau membuang puntung rokok yang masih dalam keadaan hidup," pungkas Arman.(fry)

Kategori :