Busi Kendaraan Bermotor Bermasalah? Ketahui Cara Cek Busi

Busi Kendaraan Bermotor Bermasalah? Ketahui Cara Cek Busi

Bagian penting pada sepeda motor yang harus selalu Anda perhatikan adalah busi --Foto: https://lifepal.co.id--

RAKYATBENTENG.COM - Bagian penting pada sepeda motor yang harus selalu Anda perhatikan adalah busi. Sebab, meski kecil, peran busi sangatlah vital. Jika terjadi masalah pada busi maka kinerja mesin tidak akan maksimal. 

Faktanya, banyak kasus sepeda motor tiba-tiba mogok akibat masalah pada busi. Karena sangat penting untuk menjaga kebohongan. Berikut beberapa cara mengecek kondisi busi kendaraan Anda.

1. Cek Menggunakan Alat Tester Busi

Salah satu cara mengecek busi sepeda motor adalah dengan menggunakan alat tester busi sepeda motor. Alat ini dilengkapi dengan bola lampu kecil yang akan menyala bila menerima tegangan listrik dari busi sepeda motor. 

BACA JUGA:Perum Damri Buka Loker BUMN Posisi Kepala Divisi Komersial dan Pemasaran, Cek Kualifikasinya Disini

BACA JUGA:Ingin Berkarier di BUMN? PT PELNI Buka Loker Posisi Pengawas Madya, Simak Kualifikasinya!

Tester busi sepeda motor ini mudah ditemukan di e-commerce mulai dari Rp 58.000. Keuntungan menggunakan tester busi ini adalah menghemat waktu dan cara yang lebih aman untuk menguji busi motor.

2. Cek Tampilan Busi

Pemilik sepeda motor bisa memperhatikan warna ujung isolator busi di dekat elektroda. Idealnya, insulasi harus berwarna coklat muda. Hal ini menandakan mesin dan sistem bahan bakar bekerja dengan baik. 

Lonjakan pada isolator yang terlihat basah dan berwarna coklat tua menandakan semakin banyak bahan bakar yang masuk ke ruang silinder.

Insulasi putih pucat mungkin menunjukkan bahwa terdapat lebih banyak udara daripada bahan bakar. Hal ini menyebabkan silinder menjadi terlalu panas. 

BACA JUGA:SK Pengunduran Diri Rachmat Riyanto Rampung, Pemkab Siapkan Plh Sekda Bengkulu Tengah

BACA JUGA:Beberapa Fitur Menarik iPhone 16 Diklaim Sudah Dimiliki Smartphone Android Sejak Lama, Apa Sajakah?

Rusaknya busi, seperti isolator atau elektroda yang mengelupas, dapat menandakan adanya partikel atau endapan asing di ruang bakar. Penyebab lain rusaknya busi juga bisa karena penggunaan torsi yang salah atau membenturkan busi pada permukaan yang keras sebelum pemasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: