Kenapa Investasi Menjadi Penting, Berikut Manfaatnya

Kenapa Investasi Menjadi Penting, Berikut Manfaatnya

ilustrasi--

Kenapa Investasi Menjadi Penting, Berikut Manfaatnya

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Tingkat kesadaran kita akan pentingnya investasi atau sering disebut melek investasi, saat ini telah mengalami peningkatan yang signifikan. 

Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah investor di Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip dari situs resmi dataindonesia.id bahwa jumlah investor di Pasar Modal per bulan November tahun 2023 sebesar 12,03 juta. 

Angka ini mengalami peningkatan sebesar 18,52% dibandingkan November tahun 2022 yaitu sebesar 10,15 juta investor.

Tapi apa sih sebenarnya manfaat investasi, hingga pertumbuhan investor di Pasar Modal Indonesia mengalami peningkatan signifikan setiap tahunnya? 

Setidaknya tercatat terdapat 4 manfaat dari berinvestasi, berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Kabar Terbaru Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024: Diadakan Sebanyak Tiga Periode, Periode Pertama Dibuka Bulan

BACA JUGA:Irjen Kemendagri Minta Kenaikan Harga Bawang Merah, Bawang Putih dan Daging Ayam Ras Jadi Atensi Serius Pemda

1. Kebebasan Finansial

Kebebasan Finansial merupakan salah satu tujuan dari sebagian besar orang ingin berinvestasi, kondisi tersebut dimana seseorang dianggap sudah bisa mendapatkan passive income yang dapat memenuhi kebutuhan hidup dalam jangka panjang.

Bagi mereka yang bekerja, passive income merupakan pendapatan di luar gaji yang diterima setiap bulannya dari tempatnya bekerja. Artinya, kebebasan finansial atau financial freedom bisa didapatkan ketika kebutuhan hidupnya bisa terpenuhi meskipun seseorang memutuskan untuk tak lagi bekerja.

2. Melindungi Aset dari Inflasi

Tujuan berinvestasi lainnya adalah melindungi aset dari inflasi,

kenapa melindungi aset dari inflasi.? Hal ini karena inflasi yang terjadi terus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: