Libur Akhir Tahun, Penangkaran Tukik Dibuka untuk Umum, Puluhan Tukik Telah Menetas

Libur Akhir Tahun, Penangkaran Tukik Dibuka untuk Umum, Puluhan Tukik Telah Menetas

--

Libur Akhir Tahun, Penangkaran Tukik Dibuka untuk Umum, Puluhan Tukik Telah Menetas

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Puluhan ekor Tukik atau anak penyu jenis Lekang dan Sisik di penangkaran Alun Utara di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah telah menetas dan siap dikunjungi.

Ketua Kelompok Pelestari Penyu Alun Utara, Zulkarnaedi mengatakan khusus anak penyu jenis sisik ada 87 ekor yang berhasil menetas dua hari yang lalu. 

‘’Untuk jenis lekang sudah cukup lama menetas. Ini jenis sisik baru berumur dua hari. Ada 90 telur yang dieram selama 55 hari dan 87 telur berhasil menetas lantaran suhu yang cukup baik,’’ ujar Zulkarnaedi.

Zulkarnaedi menambahkan anak penyu membutuhkan waktu 2 minggu di penangkaran sebelum dilepas ke pantai. 

BACA JUGA:Menanti Sunset dari Cugung Abbas Tepi Danau Tercantik di Bengkulu, Spot Foto Terbaru yang Instagrammable

BACA JUGA:Panduan Pemberian Vitamin dan Makanan Sehat untuk Kucing yang Baru Diadopsi

‘’Rencananya untuk jenis sisik akan berada dalam penangkaran selama dua minggu. Mengingat kondisi fisiknya belum terlalu kuat. Kalau untuk jenis lekang sudah bisa dilepas ke pantai,’’ kata Zukarnaedi.

Saat ini masih ada ratusan telur yang dalam proses pengeraman. Diperkirakan pada bulan Januari hingga Februari 2024 telur anak penyu ini akan menetas secara bertahap. 

‘’Masih ada 4 titik telur anak penyu yang masih dalam pengeraman. Dua jenis Tampian, dua lainnya masing - masing jenis Lekang dan Sisik. Jika suhunya terus panas seperti ini bulan Januari sudah ada lagi yang menetas,’’ terang Zulkarnaedi.

Disisi lain, belum lama ini kelompok pelestari penyu Alun Utara Desa Pekik Nyaring menerima bantuan dari Bidang Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu berupa motor roda tiga dan pompa air. 

BACA JUGA:Hoax! SE Kemenkes Wajib Pakai Masker Mulai 15 Desember 2023, Cek Faktanya di Sini

BACA JUGA:Kisah Pilu Warga Bengkulu Tengah Korban Dugaan KDRT: Dapat 47 Jahitan, Kepala Retak, Terkendala Biaya Berobat

Bantuan diserahkan langsung oleh Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah pada peringatan hari Nusantara, Rabu 13 Desember 2024 lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: