Tak Mesti Konsumsi Obat, Bahan Alami yang Ada di Dapur Ini Mampu Redakan Batuk dan Pilek

Tak Mesti Konsumsi Obat, Bahan Alami yang Ada di Dapur Ini Mampu Redakan Batuk dan Pilek

Ilustrasi--

Tak Mesti Konsumsi Obat, Bahan Alami yang Ada di Dapur Ini Mampu Redakan Batuk dan Pilek

RAKYAT BENTENG.COM - Jenis penyakit yang banyak diidap, terutama di musim pancaroba adalah batuk dan pilek. Keduanya sering terjadi secara bersamaan dan dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Batuk dan pilek sesungguhnya adalah dua penyakit yang berbeda. Namun, pilek yang diidap sering disertai dengan batuk. Alasannya karena saat virus pilek menyerang tubuh melalui lapisan hidung, tubuh merespons dengan melawan virus tersebut dengan melepaskan senyawa mediator peradangan yaitu bradikinin. Senyawa inilah yang membuat tenggorokan terasa sakit.

Batuk dan pilek menyebabkan rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas. Salah satu cara untuk meredakannya dengan minum obat resep dokter.

Namun apabila obat tidak tersedia di rumah, Anda bisa meracik bahan-bahan alami untuk meringankan batuk dan pilek seperti dirangkum dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Selamat, Ini Daftar Nama-Nama Penerima Beasiswa ke Maroko, Ketua RMI PBNU Beri Pesan Penting

BACA JUGA:Kemendesa Buka Lowong Tim Teknis dan Fasilitator Program TEKAD, Pendaftaran Tutup 31 Oktober 2023

BACA JUGA:Viral Danau Biru di Talang Boseng, Kadis Pariwisata Sebut Mutiara Tersembunyi di Tengah Kebun Sawit

Air Hangat

Air putih hangat menjadi pilihan paling mudah dan murah yang bisa Anda konsumsi saat batuk pilek menyerang. Dengan rutin mengonsumsi air hangat, dahak menjadi encer sehingga batuk menjadi reda napas menjadi lega. 

Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan batuk pilek. Ramuan air jeruk nipis ditambah madu cocok untuk meredakan penyakit tersebut pada balita. Cara konsumsinya adalah, peras air si jeruk nipis dan campur dengan madu.

Teh Jahe

Teh jahe bisa mengobati pilek dan batuk. Teh ini membantu mengeringkan hidung yang berair, sehingga mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: