Serukan Shalat Gaib dan Doa Bersama, Ini 7 Pernyataan Sikap PBNU Menyikapi Perang Israel dengan Hamas

Serukan Shalat Gaib dan Doa Bersama, Ini 7 Pernyataan Sikap PBNU Menyikapi Perang Israel dengan Hamas

--

Serukan Shalat Gaib dan Doa Bersama, Ini 7 Pernyataan Sikap PBNU Menyikapi Perang Israel dengan Hamas 

RAKYAT BENTENG.COM - Meletusnya perang antara Kelompok Militan Palestina, Hamas dengan Israel telah menyedot perhatian Dunia Internasional. Teranyar, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengeluarkan pengumuman resmi diperuntukkan bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Israel dan Palestina untuk segera meninggalkan kedua wilayah tersebut. 

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) turut mengeluarkan 7 pernyataan sikap terkait meletusnya eskalasi konflik perang antara Israel dan kelompok militan Palestina, Hamas sejak 7 Oktober 2023 lalu.

Dalam pernyataannya, dilansir dari website resmi nu.or.id, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyampaikan keprihatinan mendalam terhadap ribuan korban jiwa dari kedua pihak. 

Dia menyerukan kepada sejumlah pihak dan masyarakat internasional agar melakukan langkah lebih tegas (decisive) dalam mengupayakan penyelesaian yang adil atas konflik Israel-Palestina sesuai hukum dan kesepakatan-kesepakatan internasional yang ada.

"Kepada Anggota Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk tidak menggunakan veto dalam membela salah satu pihak dalam tragedi kemanusiaan yang berkepanjangan tersebut," jelas Gus Yahya dalam pernyataan sikapnya pada Senin 9 Oktober 2023. 

Dia juga menyerukan kepada umat Islam dan warga Nahdlatul Ulama untuk melakukan shalat ghaib dan doa bersama guna mendoakan arwah yang meninggal disebabkan eskalasi kekerasan serta mendoakan agar jalan perdamaian dan keadilan dapat segera diwujudkan.

BACA JUGA:Situasi Mencekam, Korban Jiwa Tembus Ribuan Orang, Pemerintah RI Imbau WNI Tinggalkan Palestina dan Israel

BACA JUGA:Kamar RS Indonesia di Gaza Penuh, Jasad Korban Perang Israel-Hamas Bergelimpangan di Luar

BACA JUGA:Kutuk Serangan Hamas, Joe Biden Pastikan AS Siap Bantu Penuh Rakyat Israel

Berikut 7 pernyataan sikap PBNU:

1. Menyampaikan penyesalan dan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya eskalasi konflik dan kekerasan antara Israel dan Palestina di Kawasan Jalur Gaza

2. Menyerukan agar konflik dan kekerasan yang telah menimbulkan jathnya korban kemanusiaan tersebut segera dihentikan dengan segala daya upaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: