Pemda yang Berhasil Kendalikan Inflasi Diganjar Insentif, Total Dananya Mencapai

Pemda yang Berhasil Kendalikan Inflasi Diganjar Insentif, Total Dananya Mencapai

Penyerahan dana insentif daerah dilakukan oleh Menkeu Sri Mulyani (dok_kemenkeu.go.id)--

Pemda yang Berhasil Kendalikan Inflasi Diganjar Insentif, Total Dananya Mencapai 

RAKYAT BENTENG.COM - Pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyerahkan Dana Insentif Daerah (DID) kepada Pemda yang memiliki kinerja terbaik dalam pengendalian inflasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Total alokasi DID tahun 2023 ini sebesar Rp4 triliun, terdiri dari Rp1 triliun untuk insentif pengendalian inflasi dan Rp3 triliun untuk insentif peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Selain DID, juga diserahkan tambahan Dana Desa (DD) dengan total alokasi sebesar Rp2 triliun kepada 15.097 desa berprestasi yang tersebar di 37 provinsi.

Seremoni penyerahan tersebut dilakukan dalam acara International Seminar on Indonesia's Fiscal Decentralization Policy For The Next Decades yang diselenggarakan Selasa 3 Oktober 2023 di Aula Mezzanine, Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta.

Menkeu Sri Mulyani mengungkapkan bahwa pemberian insentif tersebut ditujukan untuk memotivasi Pemda dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Pemerintah daerah sekarang diberikan banyak insentif dalam rangka memberikan motivasi doing the right thing," ujarnya seperti dilansir dari laman kemenkeu.go.id

BACA JUGA:Tidak Perlu Repot Ikut Tes, 36.135 Guru Honorer Diangkat Jadi PPPK 2023, Termasuk Guru di Bengkulu Tengah

BACA JUGA:Bikin Geleng-Geleng Kepala, Formasi PPPK Pemerintah Bengkulu Tengah Sepi Peminat, Deadline 9 Oktober

BACA JUGA:Prediksi Terbaru BMKG: Kemarau Berakhir Akhir Oktober 2023, Musim Hujan Mulai November, Simak Penjelasannya

Ia pun berharap, penyerahan insentif ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lainnya di seluruh wilayah Indonesia. 

"Kami berharap untuk daerah daerah yang terus mengukirkan prestasi bisa menjadi inspirasi," ucap Sri Mulyani.

Pada kesempatan yang sama, Menkeu juga mengapresiasi peran dan kerja sama Mendagri Tito Karnavian dalam meningkatkan kinerja serta perekonomian di daerah.

"Saya itu senang sekali punya teman, sahabat, dan partner Menteri Dalam Negeri yang memiliki visi, punya intelektual, interest, curiosity, dan benar-benar menggerakkan Kementerian Dalam Negeri ber-partner dengan kami," terang Menkeu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: