Bye-Bye! TikTok Shop Resmi Tutup Hari Ini 4 Oktober 2023

Bye-Bye! TikTok Shop Resmi Tutup Hari Ini 4 Oktober 2023

--

Bye-Bye! TikTok Shop Resmi Tutup Hari Ini 4 Oktober 2023

RAKYAT BENTENG.COM - TikTok Shop akhirnya tumbang! TikTok resmi memutuskan tidak lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam aplikasi TikTok. Ketetapan itu berlaku mulai hari Rabu 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB. Pemberitahuan tersebut telah disebarkan TikTok kepada seluruh penjual atau seller di TikTok Shop melalui email. 

"Dear TikTok Shop Seller. Melalui email ini kami ingin menyampaikan bahwa kami memahami kekhawatiran Anda dan kami sangat berterima kasih atas kesabaran serta dukungan Anda dalam beberapa hari terakhir," bunyi surat pengumuman yang dipost ulang banyak seller. 

TikTok menyebut prioritas perusahaan adalah tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, perusahaan tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia mulai 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB.

"Kami akan terus bekerjasama dengan pemerintah untuk menemukan cara terbaik agar dapat melayani Anda kembali di masa depan," kata TikTok masih dalam pengumumannya.

"Tim kami berkomitmen hadir untuk memberikan dukungan penuh terhadap pemenuhan pesanan. dukungan penuh terhadap pemenuhan pesanan, baik yang telah maupun sedang berlangsung, beserta layanan pelanggan. Kami akan mendampingi seller TikTok Shop Indonesia untuk melalui masa sulit ini," tulis TikTok.

Kontan saja kabar duka dari TikTok tersebut mengundang reaksi dari segenap seller hingga konten affiliator. Tak sedikit yang bersedih hingga menangis atas keputusan tersebut. 

BACA JUGA:Unduh Aplikasi Fizzo Novel, Sambil Rebahan Bisa Hasilkan Saldo DANA Gratis

BACA JUGA:5 Rekomendasi Aplikasi Game Penghasil Saldo DANA Terbaru 2023, Yakin Gak Mau Coba?

BACA JUGA:Sambil Rebahan Dengarkan Radio Bisa Hasilkan Saldo DANA, Buruan Coba Sekarang

"Dulu berjuang di offline pindah ke online. Dari online disuruh ke offline lagi gimana caranya konsepnya coba. Emang dengan TikTok Shop ditutup dagangan emak gue laku? Ini gue live itu gara-gara dagangan emak gue udah mulai gak laku yang anak-anaknya berjuang tapi," curahan seorang anak yang tak kuasa menahan tangis yang dibagikan akun TikTok @Rensia_ Sanvira.

"Srikintil sedih gak bisa ngelive lagi. Tapi ini aku mau ngasih pendapat. Kalau TikTok Shop ditutup ya sedih banget pasti. Karena bagi aku TikTok Shop ini mengubah hidupku dan hidup banyak orang. Dulu aku kerjanya bertiga. Sejak adanya TikTok Shop sampai ada 20 orang tim khusus yang bantu. Ibaratnya dengan adanya TikTok Shop ini tu nambah lapangan kerja buat orang lain," ungkap akun @Rensia_Sanvira yang memiliki 5.3M pengikut.

Adhiva Amalia melalui akunnya @ddhivaaaa turut menyampaikan jika dirinya mendapatkan email dari TikTok yang mengumumkan bahwa mulai tanggal 4 Oktober 2023 tidak ada lagi live streaming yang berkeranjang kuning di TikTok.

"Karena dia itu sosial media sama e-commerce jadi satu. Apalagi dengan adanya sistem Fyp-fypan itu membantu dari orang yang bukan siapa siapa kayak aku ini akhirnya bisa pelan-pelan bikin konten buat personal branding dan jualan," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: