Kewalahan Menjinakkan Kucing, Berikut 4 Tips Paling Ampuh, Belum Banyak yang Tahu!

Kewalahan Menjinakkan Kucing, Berikut 4 Tips Paling Ampuh, Belum Banyak yang Tahu!

Ilustrasi--

Kewalahan Menjinakkan Kucing, Berikut 4 Tips Paling Ampuh, Belum Banyak yang Tahu! 

RAKYAT BENTENG.COM - Merawat kucing tidaklah mudah, sikap dan aktivitas kita sehari-hari dengan kucing peliharaan dapat menentukan bagaimana sikap kucing terhadap kita. 

Cara menjinakkan kucing kampung maupun kucing ras kurang lebih sama. Apapun jenis kucingnya, baik kucing kampung maupun kucing ras ada tips tersendiri untuk menjinakkan agar hewan lucu dan menggemaskan tersebut menjadi penurut. 

1. Kenali Bahasa Tubuh 

Dari semua teknik untuk menjinakkan, mengenali bahasa tubuh kucing adalah langkah paling utama yang harus diketahui. Ini akan menentukan bagaimana sikap kiya ketika kucing melakukan bahasa tubuh seperti mendengkur, ekor naik ataupun yang lainnya.

Dari sekian banyak bahasa tubuh kucing, ada yang wajib cat lovers tahu:

Ekor kucing bergerak dengan cepat: pertanda dia sedang mengintimidasi dan tidak ingin kamu mendekatinya. Sebaiknya jangan bermain-main dengan si kucing ketika mereka memberi isyarat ini.

Selalu bersembunyi dan tidak mau keluar: pertanda dia tidak suka dengan kehadiran kamu, atau takut.

2. Perkirakan Usia Kucing dan Kebiasaannya

Umur kucing sangat menentukan seberapa mudah mereka untuk dijinakkan. Anak kucing yang masih berusia di bawah 1 bulan lebih mudah dijinakkan. Sedangkan, kucing tua jauh lebih sulit, terlepas dari mereka berasal dari kucing galak maupun penakut.

Jika kamu mengadopsi kucing umur lebih dari 1 bulan dari salah satu pemilik, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana latar belakang kucing tersebut, apa kebiasaan yang sering dia lakukan sehari-hari, punya riwayat penyakit atau tidak, pernah muntah kuning atau tidak, dan tempat tidurnya seperti apa.

3. Dekati Kucing Perlahan-Lahan

Setelah kamu paham dengan berbagai bahasa tubuh kucing, kini saatnya kamu mulai untuk memberanikan diri mendekati kucing melalui langkah-langkah berikut, 

Pertama: Temani kucing tanpa menyentuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: