Dekat dengan Rasulullah SAW, Dijamin Masuk Surga, Ini 5 Keistimewaan Menyantuni Anak Yatim

Dekat dengan Rasulullah SAW, Dijamin Masuk Surga, Ini 5 Keistimewaan Menyantuni Anak Yatim

Ilustrasi--

Dekat dengan Rasulullah SAW, Dijamin Masuk Surga, Ini 5 Keistimewaan Menyantuni Anak Yatim

RAKYAT BENTENG.COM - Kedudukan anak yatim sangatlah istimewa di mata Islam, tak heran jika anjuran menyantuni anak yatim sangat ditekankan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Menyantuni anak yatim tidak sama dengan menyantuni orang biasa. Menyantuni anak yatim membutuhkan sikap penuh kasih, karena sikap tersebut akan memberikan ketentraman pada hati anak tersebut.

Siapa itu anak yatim? Anak yatim adalah anak yang ditinggal meninggal dunia oleh ayahnya saat masih kecil atau belum memasuki usia baligh.

Anak yatim yang kurang mampu memiliki kedudukan yang utama dan menjadi prioritas dalam menerima santunan, zakat, infaq, dan shodaqoh.

Mereka sangat dimuliakan oleh Allah SWT hingga disebut sebanyak 23 kali di dalam Al-Quran.

Melalui Al-Qur’an Allah SWT secara tegas mengatakan bahwa anak yatim adalah sosok yang harus dikasihi, dipelihara dan diperhatikan seperti yang tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 220:

“Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik,” (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

Lantas, apa saja keutamaan menyantuni anak yatim? Berikut keistimewaan mengasihi dan menyantuni anak yatim dikutip dari laman yatimmandiri.org :

1. Dijamin Masuk Surga

Surga menjadi tempat impian semua orang, berbagai cara dilakukan umat muslim untuk memperoleh ridho Allah SWT dan mendapatkan tempat di surga-Nya.

Seperti yang kita tahu tujuan hidup manusia di dunia yaitu mempersiapkan bekal untuk kehidupan di akhirat.

Akhirat merupakan kehidupan abadi yang kekal dan menjadi tujuan akhir dari perjalanan hidup manusia.

Rasulullah SAW menjanjikan orang-orang yang menyantuni anak yatim sebuah tempat di surga, sebagaimana yang tertuang dalam salah satu haditsnya berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: