Jangan Anggap Sepele! Ini Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah dan Tips Mencegahnya

Jangan Anggap Sepele! Ini Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah dan Tips Mencegahnya

ilustrasi--

Jangan Anggap Sepele! Ini Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah dan Tips Mencegahnya 

RAKYAT BENTENG.COM - Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan tubuh kita. Adanya gangguan pada ginjal akan mempengaruhi sistem organ kita yang lain diantaranya paru-paru, jantung, otak dan lain sebagainya, yang dapat memperburuk keadaan kesehatan kita. 

Dirangkum dari laman yankes.kemkes.go.id, ginjal memiliki peran untuk mengendalikan keseimbangan cairan, menjaga keseimbangan kadar elektrolit pada kadar yang tetap stabil, mencegah menumpuknya limbah sisa-sisa metabolisme tubuh pada pembuluh darah serta memproduksi hormon erythropoietin yang berfungsi untuk merangsang sumsum tulang memproduksi sel darah merah. 

Peran ginjal juga menghasilkan enzim renin yang memiliki peran penting dalam pengendalian tekanan darah serta menghasilkan bentuk aktif vitamin D yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang.

Bagaimana Mengetahui Gejala Penyakit Ginjal?

Untuk mengetahui apakah kita memiliki gejala penyakit ginjal, maka kita perlu memperhatikan adanya perubahan pada keadaan kondisi kesehatan kita, diantaranya adalah :

1. Adanya penurunan volume urine

Produksi urine normal dalam sehari berkisar 600- 1600 ml, yang berasal dari hasil penyaringan sekitar 4 Liter volume darah yang melalui ginjal setiap harinya

2. Perubahan warna pada urine, perhatikan adanya perubahan warna urine, termasuk urine keruh atau bercampur darah

3. Pembengkakan pada tungkai, adanya ketidakseimbangan cairan pada tubuh kita dapat dilihat adanya pembengkaan pada tungkai kita, hal ini terjadi karena adanya penumpukan cairan pada jaringan seluler yang disebabkan karena penurunan fungsi ginjal

4. Muncul nyeri pada punggung bagian bawah, nyeri nya dapat menjalar ke perut bawah atau selangkangan

5. Muncul nyeri saat buang air kecil. 

BACA JUGA:Keseringan Buang Air Kecil Jangan Anggap Sepele! Bisa Jadi Anda Mengalami Penyakit Ini

BACA JUGA:Sambil Rebahan Bisa Dapat Saldo DANA Gratis dari Aplikasi Ini, No Tipu-Tipu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: