Penting Diketahui! Ciri-Ciri Kucing yang Terkena Rabies, Apa Saja?

Penting Diketahui! Ciri-Ciri Kucing yang Terkena Rabies, Apa Saja?

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Selama ini kita beranggapan penyakit rabies hanya ditularkan oleh anjing, monyet ataupun rubah. Namun ternyata kucing pun dapat tertular rabies juga. Selain kucing, semua makhluk hidup yang berdarah panas juga memungkinkan terkena penyakit berbahaya tersebut, termasuk manusia.

Untuk diketahui, penyakit rabies dapat menyebabkan penderitaan yang amat sangat, hingga terburuknya dapat menghilangkan nyawa. 

Dalam artikel kali ini akan diulas apa saja ciri-ciri kucing terkena rabies dirangkum dari berbagai sumber. Agar bisa diantisipasi oleh Cat Lovers sejak sini sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan 

1. Perubahan Perilaku

Kucing yang terkena rabies akan mengalami perubahan sifat. Jika biasanya peliharaan kesayanganmu itu mudah mendekat pada orang lain namun tiba-tiba menjadi agresif, atau berubah dari penakut menjadi ramah, bisa jadi ini merupakan tanda rabies. 

Perubahan perilaku ini tidak bisa dianggap remeh loh, karena membahayakan manusia dan hewan lain di sekitarnya jika tergigit kucing tersebut. Rabies bisa menular melalui gigitan hewan yang terkena rabies sehingga gejala ini berpotensi untuk meningkatkan penyebaran penyakit secara lebih jauh. 

2. Hilang Nafsu Makan

Salah satu dampak virus rabies pada hewan adalah paralisis pada otot. Salah satu otot yang akan terdampak pertama kali adalah otot tenggorokan sehingga hewan menjadi susah menelan. Karena itu, nafsu makannya juga akan menurun.

Namun, menurunnya nafsu makan pada kucing tidak melulu ia mengalami rabies. Tanda lain yang bisa kamu cari adalah perubahan pada suara karena sebab yang sama.

3. Mengeluarkan Liur dan Busa

Salah satu tanda yang paling umum pada hewan yang terindikasi rabies adalah adalah ketika ia mengeluarkan air liur. 

BACA JUGA:Ini Dia Cara Mengetahui Umur Kucing yang Mesti Cat Lovers Tahu

BACA JUGA:Ras Kucing Ini Termasuk Paling Kuno di Dunia, Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu

Bagi kucing yang umumnya tidak mengeluarkan air liur, terlebih lagi jika dalam jumlah yang banyak, ini merupakan tanda jelas rabies. Busa juga bisa terlihat di area mulut kucing beriringan dengan keluarnya air liur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: