Hari Jumat, Yuk Baca Surat Al Kahfi, Salah Satu Keutamaannya Terhindar dari

Hari Jumat, Yuk Baca Surat Al Kahfi, Salah Satu Keutamaannya Terhindar dari

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Surat Al Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Al quran yang terdiri dari 110 ayat. Surat ini merupakan surat Makkiyah atau surat yang diturunkan pada periode Makkah. Surat ini merupakan bagian penengah antara juz 15-16 karena ayat-ayatnya berada di akhir dari juz 15 sampai di awal juz 16.

Surat Al Kahfi dianjurkan untuk dibaca pada setiap Jumat. Namun, kebanyakan masyarakat lebih mengenal pembacaan surat Yaasin pada malam Jumat atau hari Jumat tepatnya.

Surat Al-Kahfi lebih diutamakan bahkan dianjurkan pembacaannya oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di hari Jumat. Hal tersebut diperkuat dengan hadits sahih yang diriwayatkan Imam Ad Daruquthni dan Imam Baihaqi.

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah menyinarinya dengan cahaya selama antara dua Jumat.”

Ada beberapa keutamaan membaca surat Al Kahfi pada Jumat, di antaranya sebagai berikut:

BACA JUGA:WAJIB TAHU! Golongan Manusia yang Bakal Terbebas dari Azab Kubur, Siapa Sajakah

BACA JUGA:Ini 5 Crazy Rich Sahabat Rasulullah SAW, Salah Satunya Punya Rekening Aktif Hingga Sekarang

Pertama, Terhindar dari fitnah Dajjal

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

Selain itu, di dalam kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi disebutkan dari Abdullah ibnu Mus’ab, dari Manzur ibnu Zaid ibnu Khalid Al-Juhani, dari Ali ibnul Husain, dari ayahnya, dari Ali secara marfu’, yaitu: 

“Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.

Kedua, diampuni dosa dalam dua Jumat

“Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR Abu Bakr bin Mardawaih dari Abdullah bin Umar RA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: