Ini 5 Crazy Rich Sahabat Rasulullah SAW, Salah Satunya Punya Rekening Aktif Hingga Sekarang

Ini 5 Crazy Rich Sahabat Rasulullah SAW, Salah Satunya Punya Rekening Aktif Hingga Sekarang

Hotel Usman bin Affan--

RAKYAT BENTENG.COM - Rasulullah SAW dikenal mempunyai banyak sahabat. Ada beberapa sahabat Nabi yang merupakan seorang kaya raya.  

Kekayaan para sahabat Nabi diketahui dari nilai aset yang ditinggalkan ketika wafat.

Para sahabat Nabi adalah orang-orang yang mulia. Meski mereka diberi kekayaan, namun kekayaan itu tak lantas melalaikan mereka.

Mereka tak pernah merasa sayang jika sebagian hartanya disedekahkan. Mereka berkeyakinan, harta yang dibelanjakan di jalan Allah adalah berkah dan rahmat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 sahabat Nabi yang mempunyai harta atau kekayaan yang melimpah.

1. Abdurrahman ibn 'Awf (44 SH - 32H / 580 - 652 M)

Abdurrahman ibn 'Awf ialah sahabat nabi yang paling kaya. Kekayaan ketika wafat mencapai Rp 6,21 triliun. Beliau merupakan orang ke-8 yang memeluk Islam. Abdurrahman dikenal sebagai sosok pebisnis ulung. Dalam sejarah perang, Abdurrahman mengikuti semua peperangan saat zaman Rasulullah SAW.

Total kekayaan miliknya ketika wafat mencapai 3.200.000 Dinar atau sekitar Rp 6.212.688.000.000 (enam triliun, dua ratus dua belas miliar, enam ratus delapan puluh delapan juta rupiah).

Ketika hendak wafat, 'Abdurrahman memberikan wasiat agar membagikan hartanya sebanyak masing-masing 400 Dinar pada 100 orang yang mengikuti perang Badar yang masih hidup. Tak tanggung-tanggung Khalifah Utsman RA dan Ali RA juga turut menerima wasiat tersebut.

2. Az-Zubayr ibn al 'Awwam (28 SH -36 H / 594 - 656 M)

Kekayaan milik Az-Zubayr ibn al 'Awwam ketika wafat Rp 3,54 triliun. Menurut shahih Bukhari, ketika wafat Az Zubayr cuma meninggalkan kekayaan berupa aset tidak bergerak (tanah). Di antaranya ialah yang terletak di Ghabah (wilayah di barat laut Madinah, sekitar 6 km dari Madinah), 2 rumah di Bashrah, 11 rumah (besar/dar) di Madinah dan 1 rumah masing-masing di Kufah dan di Mesir.

Berdasarkan aset tersebut, total kekayaan milik AzZubayr mencapai sebesar 57.600.000 Dirham atau setara dengan Rp 3.543.724.800.000 (tiga triliun, lima ratus empat puluh tiga miliar, tujuh ratus dua puluh empat juta, delapan ratus ribu rupiah).

BACA JUGA:Dan Rasulullah pun Tertawa karena Tingkah Sulaiman bin Shakher, Ini Kisahnya

3. Utsman ibn 'Affan (47 SH - 35 H / 577 - 656 M)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: