Simak Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah

Simak Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah

Ilustrasi__dok--

RAKYAT BENTENG.COM - Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bulan Dzulhijjah termasuk diantara empat bulan asyhurul hurum , selain Dzulqa'dah, Muharram, dan Rajab.

Pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah Umat Muslim disunnahkan untuk memperbanyak ibadah, seperti berzikir, sedekah,membaca Al-Qur'an, serta berpuasa.

Sama seperti puasa Ramadhan maupun puasa sunnah lainnya, pelaksanaan puasa Dzulhijjah berlangsung mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selain menahan haus dan lapar, mereka yang berpuasa Dzulhijjah juga harus menjauhkan diri dari berbagai perbuatan yang dapat membatalkan puasanya. Selain puasa Dzulhijjah, juga ada puasa Arafah dan puasa Tarwiyah. puasa Tarwiyah merupakan puasa yang dilakukan di tanggal 8. Sedangkan, puasa Arafah dilakukan di tanggal 9. 

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! Pemerintah Tetapkan Libur Idul Adha Mulai 28 Juni hingga

Berikut keutamaan lainnya yang bisa didapatkan dengan berpuasa di bulan Dzulhijjah:

- Mendapatkan pahala yang berlipat 

- Dihapuskan dosa-dosa

- Dibebaskan dari api neraka

Adapun tiga puasa sunnah Idul Adha dan bacaan niatnya sebagaimana dikutip dari baznas.go.id

- Puasa Dzulhijjah

Semua umat Islam akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda bagi yang menjalankan ibadah sunah pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Seperti puasa pada umumnya, waktu niat puasa ini yakni dilakukan pada malam hari atau setelah terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar. Berikut adalah lafal niatnya,

Niat puasa yang dibaca saat malam hari: 

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi taala.   

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah taala.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: