Raih ISO 22301, Bank Mandiri Pastikan KehandalanOperasional Bisnis Berstandar Internasional dan PrinsipESG

Raih ISO 22301, Bank Mandiri Pastikan KehandalanOperasional Bisnis Berstandar Internasional dan PrinsipESG

--

RAKYATBENTENG.COM - Bank Mandiri menjadi bank KBMI 4pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 22301tentang sistem manajemen keberlangsungan bisnis atau Business Continuity Management System (BCMS) berstandar internasional dari lembaga sertifikasi global British Standard Institution. Sertifikasi diberikan untuk sejumlah unit kerja kritikal yang merupakan lini utama dalam bisnis Bank Mandiri.

 

“Dengan adanya sertifikasi tersebutberarti Bank Mandiri telah menerapkan standar internasional dalam memastikankeberlangsungan bisnis dan memitigasi risiko terjadinyagangguan operasionalsehingga layanan pada nasabah tetap berjalan dengan baik (Product Governance),” ungkap SVP Business Continuity Management Bank Mandiri I Made WahyuArjaya di Jakarta, Jumat (16/6).

 

Upaya memberikan layanan unggul itu, katanya, sejalan dengan komitmen Bank Mandiri di bidang Environment, Social, dan Governance (ESG), yakni terkait dengan tata kelola dalam hubungan dengan pemangku kepentingan (stakeholder governance). Apalagi, sertifikasi itu termasuk bagian dari sistem untuk melindungi kepentingan nasabah berkenaan dengan sustainable operation

 

Selain itu, bagi Bank Mandiri sebagai penyedia layanan finansial, ISO 22301 menjadi sangat penting, karena posisi Bank Mandiri sebagai Bank Sistemik dan tuntutan stakeholder untuk ketersediaan layanan finansial selama 24 jam dan tanpa hambatan  sehingga perusahaan harus bisa menangani secara cepat apapun gangguan yang terjadi, kata Made.

Dia menambahkan, lembaga keuangan dan institusi di luar negeri juga memandang bahwa Business Continuity Management (BCM) merupakan standar yang sangat penting, sehingga menjadi perhatian khusus.

 

Implementasi yang telah dilakukan oleh Bank Mandiri dalam rangka menghadapi kondisi gangguan meliputi governance & procedures yang terdiri dari organisasikebijakan & proseduryang jelas dan lengkap, preparadness/persiapan menghadapikondisi bencana berupa uji coba tanggap darurat, pemulihan bisnis dan pemulihan IT, serta crisis management berupapenanganan & eskalasi kejadian bencana dan komunikasi krisis.

 

Beberapa unit kerja kritikal yang tersertifikasi ISO 22301tersebut antara lain Unit Business Continuity Management,Teknologi Informasi, Treasury, Cash and Trade Operationsserta Electronic Channel Operations

 

ISO 22301 merupakan sistem manajemen keberlangsungan bisnis atau Business Continuity Management System (BCMS) yakni model pendekatan menyeluruh terhadap ketahanan organisasi, yang bertujuan untuk mempersiapkan, menyediakan, dan mengendalikan kemampuan organisasi secara keseluruhan untuk terus beroperasi selama terjadi gangguan.

"Melalui penerapan BCMS sebagai bagian dari proses bisnisdiharapkan dapat meningkatkan resiliensi dan kepastianpencapaian sasaran dalam menghadapi berbagai macam kondisiyang mengancam keberlangsungan proses bisnis sehinggakepercayaan stakeholder dapat terjaga dan visi Bank Mandirimenjadi partner finansial pilihan utama dapat terwujud,” tutupMade.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: