ASN Daerah Ini Diminta Tak Pamer Harta dan Kekuasaan, Sekda: Tirulah

ASN Daerah Ini Diminta Tak Pamer Harta dan Kekuasaan, Sekda: Tirulah

Sekda Bengkulu Tengah, Rachmat Riyanto--

RAKYAT BENTENG.COM - Segenap pimpinan aparat pemerintah dan penegak hukum mulai dari pusat hingga ke daerah sedang giat-giatnya menjalankan instruksi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Kamis (2/3) lalu mengenai larangan ASN bergaya hidup hedon serta tidak memamerkan kekayaan ataupun kekuasaan di depan publik, baik secara langsung ataupun melalui postingan di sosial media. 

Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng) pun, melalui Sekda, Drs. Rachmat Riyanto, ST, MAP turut meminta agar seluruh ASN mematuhi instruksi tersebut. 

Terkhusus kepada para pimpinan OPD, Rachmat meminta memberikan contoh kepada bawahannya tentang apa-apa yang dilarang dan apa yang dibolehkan. Pimpinan OPD bertanggung jawab atas sikap dan perilaku bawahan yang dipimpinnya. 

BACA JUGA:Dikunjungi Media Rakyat Benteng, Kajari Firman Halawa Pesankan Ini

"Ya dimulai dari pimpinannya dulu, pimpinan itu menjadi teladan, serta memberikan arahan kepada yang dipimpinnya dalam hal ini bawahannya. Jangan berharap bawahannya akan baik kalau pimpinannya sendiri belum baik. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh bapak Presiden, kita pun mengimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bengkulu Tengah untuk tidak memamerkan harta dan kekuasaan. Baikpun langsung atau di medsos. Tidak pantas bagi seorang ASN berbuat seperti itu, karena pada hakikatnya ASN adalah pelayan masyarakat," jelas Rachmat. 

Lebih lanjut Rachmat mengajak agar para aparat pemerintah di Benteng membudayakan pola hidup sederhana.

"Kalau lingkungan sekitarnya sebagian besar berpola hidup sederhana, maka mulai dari staf hingga pejabat akan ikut sederhana. Akan risih kalau terlihat mewah sendiri di tengah lingkungan yang sederhana. Demikian pula sebaliknya, rasa iri akan timbul bila melihat lingkungannya dipenuhi kemewahan, sementara dirinya tertinggal sama sekali. Apapun akan diupayakan demi mencapai level yang sama dengan lingkungannya," ungkap Rachmat. 

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi, Kantor Bappeda Digeledah, Jaksa Temukan Ini

Penjabat (Pj) Bupati, Dr. Heriyandi Roni, M.Si menurut Rachmat sedianya jadi panutan bagi para ASN di Benteng, dimana meskipun ia pejabat di Kementerian dan menyandang jabatan Pj Kelapa Daerah, Heri Roni tidak menunjukkan gaya hidup berlebihan.

Sebaliknya, kehidupannya yang sederhana diperlihatkan dari kesediaannya menunggui Rumah Dinas Bupati sejak ia dilantik. Padahal kala itu rumah dinas baru selesai didirikan dan belum ada fasilitas apa-apa. 

"Ya, keteladanan sudah diperlihatkan oleh bapak Pj Bupati kita. Sosoknya low profile, penampilannya sederhana, mudah bergaul dengan siapa saja. Sejak pertama bertugas di Benteng ini beliau memilih menempati rumah dinas, padahal fasilitasnya masih sangat minim dan lingkungannya sepi. Jadi sekali lagi kami mengimbau agar para ASN, khususnya pejabat dapat menjalankan apa yang telah diinstruksikan bapak Presiden kita," tutup Rachmat.(fry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: