Ini Jumlah Desa Input Data Prodeskel dan Evdeskel Lanjutan

Ini Jumlah Desa Input Data Prodeskel dan Evdeskel Lanjutan

RAKYATBENTENG.COM – Guna meningkatkan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplikasi kebijakan dalam program pembangunan desa dan kelurahan serta menentukan status tingkat perkembangan desa, sebanyak 15 desa di Kecamatan Merigi Sakti kemarin melaksanakan penginputan data Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) dan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel). 

 

Kegiatan yang berlokasikan di kantor Desa Lubuk Puar ini dihadiri juga dari perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bengkulu Tengah. 

 

15 desa yang dimaksud diantaranya Desa Lubuk Puar, Desa Lubuk Pemdam, Desa Karang Panggung, Desa Curup, Desa Arga Indah II, Desa Bajak III, Desa Pagar Agung, Desa Punjung, Desa Pungguk Jaya  Desa Taba Gemantung, Desa Rajak Besi, Desa Pagar Besi, Desa Komering  Dan Desa Durian Lebar.

 

‘’Ada 15 desa yang melakukan penginputan data. Tapi tadi (kemarin, red), ada satu desa tidak hadir perwakilannya. Yakni Desa Susup,’’ kata Kabid Kelembagaan Desa dan Kelurahan Dinas PMD Benteng, Desi Arisandi, S.Pd, M.Ling melalui Penggerak Swadaya Masyarakat Bidang Kelembagaan Pemerintah Desa, Randi Mareta Hotman, S.Ip.

 

BACA JUGA:Ramaikan IPKM Futsal Competition, Tim Futsal Gema BSA Menang WO

 

BACA JUGA:Keren! BSI Melesat Jadi Bank Terbesar ke-6 di Indonesia

 

Randi menjelaskan, di dalam Prodeskel dan Epdeskel terdapat beberapa bidang yang harus diperhatikan. 

 

Seperti pada Epdeskel, berupa bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. 

Sementara pada Prodeskel berupa potensi desa, tingkat perkembangan desa serta data dasar keluarga.

 

‘’Semua sekarang sudah berjalan dengan sistem online. Sebenarnya itu membantu pemdes dalam melakukan pendataan dan jika diperlukan data tersebut bisa dengan cepat didapatkan. Kegiatan ini agenda tahunan untuk mengetahui status desa. Desa swadaya, swakarsa ataupun swasembada,’’ demikian Randi.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: