Khusus Kaum Pria! Simak Tata Cara Mandi Junub Sebelum Ibadah Salat Jumat

Khusus Kaum Pria! Simak Tata Cara Mandi Junub Sebelum Ibadah Salat Jumat

Ilustrasi_jpnn.com--

RAKYAT BENTENG.COM -  Salat Jumat hukumnya wajib, khususnya bagi para kaum pria yang memeluk agama Islam. Sesuai dengan namanya, Salat Jumat dilaksanakan pada hari Jumat dan selaras dengan waktu zuhur. Salah satu syarat sah salat adalah suci dari hadas besar dan kecil. 

Junub adalah sebuah hadas besar yang terjadi akibat seseorang berhubungan seksual atau mengeluarkan air mani. Mandi junub diperuntukkan bagi mereka yang dalam keadaan junub.

Persoalan mandi junub penting karena berkaitan dengan ibadah-ibadah lain, baik yang fardhu maupun sunah. Orang yang dalam keadaan junub dilarang, antara lain melaksanakan shalat, berdiam diri atau duduk di mesjid, tawaf atau mengelilingi Kakbah, melafalkan ayat Al-Qur'an, dan menyentuh mushaf.

Sebelum kamu menunaikan ibadah pastikan kamu sudah dalam keadaan suci. Berikut tata cara pelaksanaan mandi junub dilansir dari jpnn.com dengan judul "Cara Mandi Junub setelah Berhubungan Badan Maupun Karena Mimpi Basah" https://www.jpnn.com/amp/news/cara-mandi-junub-setelah-berhubungan-badan-maupun-karena-mimpi-basah

BACA JUGA:Setelah Puas Berhubungan Intim Jangan Langsung Tidur, Lakukan Ini dengan Pasanganmu

Pertama, niat. Yakni kesengajaan yang diungkapkan dalam hati. Bila ia mampu melafalkan juga secara lisan, hal ini lebih utama.

Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari junub, fardhu karena Allah Ta'ala.

Dalam madzhab Syafi'i, niat harus dilakukan bersamaan dengan saat air pertama kali disiramkan ke tubuh.

Kedua, mengguyur seluruh bagian luar badan, tak terkecuali rambut dan bulu-bulunya.

Untuk bagian tubuh yang berambut atau berbulu, air harus bisa mengalir sampai ke kulit dalam dan pangkal rambut/bulu. Tubuh diasumsikan sudah tidak mengandung najis.

Selain hal-hal yang wajib itu, ada juga sejumlah kesunnahan dalam mandi junub.

Imam al-Ghazali dalam Bidayatul Hidayah secara teknis menjelaskan adab mandi junub dengan cukup rinci mulai dari awal masuk kamar mandi hingga keluar lagi.

Pertama, saat masuk ke kamar mandi ambilah air lalu basuhlah tangan terlebih dahulu hingga tiga kali.

Kedua, bersihkan segala kotoran atau najis yang masih menempel di badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: