Ketahui Manfaat Juga Risiko Mengonsumsi Cuka Nanas Secara Berlebihan

Selasa 22-10-2024,18:32 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

BACA JUGA:Ini Faktor Utama Sebabkan Pembangunan TPA Regional Terancam Gagal

BACA JUGA:Bawaslu Hentikan Penelusuran Kasus Pembagian Minyak Goreng Diduga Kedaluwarsa di Bengkulu Tengah, Ini Alasanny

Sumber Probiotik

Probiotik, merupakan mikroorganisme hidup seperti bakteri dan ragi yang dihasilkan melalui fermentasi makanan atau minuman. Probiotik diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan yang berasal dari peningkatan mikrobioma usus. 

Mikrobioma usus merupakan triliunan mikroorganisme di usus yang memiliki peran vital dalam mencerna makanan, melindungi tubuh dari penyakit, dan mendukung sistem kekebalan.

Keseimbangan mikrobioma usus yang terganggu dapat berdampak negatif pada kesehatan. Probiotik, yang terdapat dalam makanan dan minuman yang difermentasi, seperti cuka nanas, diyakini dapat meningkatkan kesehatan usus. 

BACA JUGA:Promo Tebus Murah KFC, Beli 1 Chicken Cuma Rp 4.545, Simak Caranya

BACA JUGA:Anak Petani Asal Kedurang Bengkulu Dilantik Jadi Menteri, Ini Daftar Lengkap Menteri Kabinet Merah Putih

Sebuah studi kecil mengenai tepache (minuman fermentasi dengan kadar alkohol ringan yang dibuat dari kulit nanas asal Meksiko) bertujuan untuk mengetahui jenis probiotik yang terdapat dalam minuman tersebut.  Beberapa strain yang ditemukan terkait dengan sifat kesehatan tertentu.

Misalnya, ada beberapa bukti bahwa L. Bakteri probiotik dapat membantu mengurangi diare yang disebabkan oleh infeksi E. plantarum. 

Lactobacillus dapat membantu memperbaiki keseimbangan usus dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Lactobacillus mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Meskipun demikian, tidak jelas apakah strain yang sama atau jumlah yang sama akan ditemukan dalam semua tepache, dilansir GoodRx Health.

BACA JUGA:Ingin Udara Bersih? Simak 6 Tips Cerdas Memilih Air Purifier, Biar Gak Salah Beli

BACA JUGA:DPP PPP Tetapkan Fepi Suheri Ketua DPRD Bengkulu Tengah

Meski menjanjikan, para peneliti masih belum bisa memahami seberapa banyak probiotik, terutama dalam kadar yang ditemukan dalam minuman fermentasi, yang dapat membantu kesehatan usus. 

Belum ada bukti yang menunjukkan bahwa minuman fermentasi dapat membantu mengatasi masalah kesehatan lain, seperti kadar kolesterol atau diare.

Kategori :