Kenali Tanda-Tanda Kanker Ovarium pada Bayi Serta Penyebab dan Langkah Pengobatan

Senin 21-10-2024,11:33 WIB
Reporter : Mezi Adriansa
Editor : Nanang Setiawan

1. Faktor Genetik: Mutasi gen tertentu dapat meningkatkan risiko kanker ovarium, seperti mutasi pada gen BRCA1 dan BRCA2 yang juga terkait dengan kanker payudara.

2. Kelainan Genetik: Beberapa kelainan genetik bawaan, seperti sindrom Turner atau sindrom Peutz-Jeghers, diketahui bisa meningkatkan risiko kanker ovarium pada anak.

3. Riwayat Keluarga: Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker ovarium, risiko anak terkena kanker ini juga meningkat.

4. Paparan Zat Kimia atau Radiasi: Meskipun jarang pada bayi, paparan zat kimia tertentu atau radiasi selama kehamilan bisa berpengaruh pada perkembangan sel abnormal.

BACA JUGA:IRT Merapat! Katalog Promo JSM Superindo 18-20 Oktober 2024 Bertabur Diskon Buat Kebutuhan Rumah Tangga

BACA JUGA:Bukan Hanya Wortel, 6 Makanan Ini Juga Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mata Loh!

Gejala Kanker Ovarium Stadium 3 pada Bayi

Gejala kanker ovarium pada bayi sering kali tidak terlihat jelas pada tahap awal. Namun, pada stadium lanjut seperti stadium 3, beberapa tanda yang bisa muncul meliputi:

1. Pembengkakan Perut: Salah satu gejala utama kanker ovarium pada bayi adalah pembesaran perut yang tidak normal. Ini terjadi karena adanya tumor atau penumpukan cairan (ascites) di rongga perut.

2. Nyeri di Perut: Bayi mungkin menunjukkan ketidaknyamanan atau rasa sakit di perut, yang ditandai dengan tangisan yang terus-menerus tanpa penyebab yang jelas.

3. Nafsu Makan Menurun: Bayi dengan kanker ovarium sering mengalami penurunan nafsu makan, yang bisa menyebabkan penurunan berat badan atau gagal tumbuh.

4. Muntah atau Mual: Tumor yang membesar dapat menyebabkan tekanan pada organ lain, yang mengakibatkan muntah atau mual pada bayi.

5. Perubahan Frekuensi Buang Air Besar atau Kecil: Tumor yang menekan saluran kemih atau usus dapat menyebabkan perubahan pola buang air kecil atau besar.

BACA JUGA:Tayang di Bioskop, Ini Sinopsis Film Bolehkah Sekali Saja Ku Menangis Serta Profil Para Pemainnya

BACA JUGA:Pegawai Kejari Bengkulu Tengah Disimulasikan Penggunaan APAR

Cara Penanganan Kanker Ovarium pada Anak

Kategori :