Agar Lolos Face Recognition Saat Registrasi Tes SKD, Tips Berikut Bisa Dicoba

Kamis 17-10-2024,14:34 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

BACA JUGA:Spesial Halloween 2024! Ini Rekomendasi 6 Promo Tempat Wisata dan Restoran, Mulai dari Dufan Hingga Dunkin

BACA JUGA:Promo Gokana Terbaru! Ada Pilihan Menu Baru Donburi Series dan Serba Rp20.000

Dalam peraturan tersebut, salah satu tugas Tim Pelaksana CAT BKN adalah petugas TI yang bertanggung jawab dalam menyiapkan fitur pengenalan wajah alias face recognition saat registrasi, terutama jika terjadi kegagalan pada pengenalan wajah.

2. Foto Diunggah Di Kartu Ujian SKD Jadi Penentu

Teknologi face recognition memungkinkan analisis wajah peserta ujian dan pencocokan dengan foto yang diunggah pada saat pendaftaran akun di laman SSCASN dan seleksi administrasi. 

Karena itu, foto yang diunggah oleh pelamar dan tercantum dalam kartu ujian SKD akan memengaruhi keberhasilan face recognition dalam merekam wajah peserta.

Penting bagi pelamar untuk memastikan bahwa foto yang diunggah memiliki kualitas yang baik, pencahayaan yang memadai, dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan. 

Foto yang buram, terlalu gelap, atau dengan ekspresi yang tidak sesuai dapat menghambat proses pencocokan oleh sistem pengenalan wajah.

BACA JUGA:Promo HokBen x Alfamart Sampai 31 Oktober 2024, Beli Hoka Hemat Cuma Rp28.000

BACA JUGA:Calon Menteri dan Wamen Dipanggil Prabowo di Hari Kedua: Ada Raffi Ahmad, Taufik Hidayat dan Gus Miftah

Jika wajah peserta tidak sesuai dengan foto yang diunggah, sistem dapat menolak verifikasi yang mengakibatkan peserta tidak dapat mengikuti ujian. Ketelitian dan persiapan sejak awal pendaftaran menjadi faktor kunci untuk sukses melalui tahapan ini. Beberapa peserta menceritakan pengalaman mereka saat perekaman wajah melalui face recognition.

3. Pastikan Kondisi Fisik Tampak Wajah Sesuai Dengan Kondisi Di Kartu Ujian

Teknologi face recognition merupakan langkah terakhir sebelum peserta diizinkan memasuki ruang ujian berbasis Computer Assisted Test (CAT). 

Saat registrasi, sistem akan membandingkan wajah peserta dengan foto pada kartu ujian. Jika wajah cocok, peserta dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. 

Face recognition juga berperan sebagai "tiket" untuk memperoleh nomor PIN yang diperlukan dalam login sistem CAT.

Namun, kondisi fisik tertentu peserta dapat menyulitkan sistem dalam mengenali wajah. Contohnya, perubahan pada kumis, warna kulit, bentuk wajah, atau penggunaan lensa kontak yang mengubah iris mata. Peserta disarankan untuk memastikan bahwa wajah mereka sesuai dengan foto di kartu ujian.

Kategori :