Mandi Air Dingin Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut dan Kulit, Berikut Penjelasannya

Senin 07-10-2024,15:04 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

RAKYATBENTENG.COM - Mandi air dingin merupakan hal yang dihindari banyak orang. Apalagi saat cuaca mendung dan hujan. Mereka cenderung lebih menyukai air hangat atau panas untuk mandi. Namun, mandi air dingin bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari. 

Mandi air dingin membawa berbagai manfaat, terutama untuk kulit dan rambut. Berikut lima manfaat mandi air dingin untuk kulit dan rambut.

Menjaga Kelembaban Rambut

Manfaat mandi air dingin yang pertama adalah membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Sebab mandi air panas bisa menghilangkan minyak dan lipid pelindung pada kulit kita. 

BACA JUGA:4 Makanan Penyebab BAB Berdarah, Waspada dan Segera Hindari!

BACA JUGA:Lakalantas Kembali Terjadi di Liku Sembilan, Kepolisian Imbau Pengendara Ekstra Berhati-Hati

Jika kita mengorbankan minyak dan lipid pelindung dalam tubuh dengan air panas, lambat laun kulit akan terasa gatal dan tidak nyaman. Mandi air dingin juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan gatal karena air dingin tidak melarutkan minyak.

Meredakan Iritasi Kulit

Mandi air dingin menjadi solusi tepat untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Selain itu, mandi air dingin dapat mengurangi rasa gatal atau kemerahan, membantu meredakan kondisi atopik. 

Air dingin juga dapat membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan. Sebagai kompres dingin untuk meredakan sengatan matahari, eksim atau iritasi lainnya.

BACA JUGA:Segera Tayang Di Bioskop 10 Oktober Mendatang, Yuk Intip Sinopsis Film Pulau Hantu

BACA JUGA:PT GDPS Kembali Buka Loker BUMN Bagi Lulusan SMA/SMK Sederajat, Simak Kualifikasinya

Tampak Awet Muda

Air dingin dapat merangsang otot-otot kecil di pori-pori sehingga membuat kulit kita tampak kencang dan awet muda. Pasalnya suhu dingin dapat membangun pembuluh darah di kulit (vasokonstriksi), dan proses ini membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Peningkatan sirkulasi juga dapat menyebabkan perbaikan tampilan pori-pori dan warna kulit secara langsung, meski hanya sementara. Oleh karena itu, mencuci dengan air dingin sangat dianjurkan untuk kesehatan kulit agar tampak awet muda.

Kategori :