Hobi Membaca Buku Menjelang Tidur? Simak Manfaatnya

Selasa 10-09-2024,18:22 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

Membaca di malam hari, Anda dapat mengalihkan pikiran dari masalah sehari-hari dan merasa lebih tenang. Pilihlah buku dengan genre yang menenangkan, seperti novel roman atau buku self-help, untuk membantu meredakan ketegangan.

BACA JUGA:Ini Daftar Kendaraan tak Bisa Lagi Gunakan Pertalite, Lengkapnya Cek Disini

BACA JUGA:Dilantik Siang Ini, Simak Fasilitas yang Akan Diterima 25 Anggota DPRD Bengkulu Tengah

4. Meningkatkan Empati Dan Pemahaman Sosial

Membaca buku fiksi, terutama yang melibatkan karakter dari latar belakang yang berbeda dengan Anda, dapat meningkatkan kapasitas empati Anda. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Science, membaca fiksi dapat meningkatkan kemampuan otak untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain.

Memang ketika Anda membaca, Anda sering kali "masuk" ke dalam pikiran dan perasaan berbagai karakter, sehingga dapat meningkatkan pemahaman sosial Anda. Kebiasaan ini tidak hanya membuat Anda lebih bijaksana dalam situasi sosial, tapi juga bisa memperkaya kehidupan emosional Anda.

BACA JUGA:Suarni Bersama Suami Berangkat Umroh Gratis, Persembahan Gubernur Bengkulu dan Dirut RBMG, Berkah HUT RB

BACA JUGA:10 Spot Wisata Alam di Sumatera yang Wajib Dicoba, Pemandangannya Memukau!

5. Mempertajam Fungsi Kognitif Jangka Panjang

Membaca secara teratur, bahkan di malam hari, dapat membantu menjaga dan bahkan meningkatkan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia. 

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neurology menemukan bahwa aktivitas seperti membaca dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif yang sering terjadi pada orang lanjut usia. 

Artinya, dengan membiasakan membaca di malam hari, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat jangka pendek seperti tidur lebih nyenyak, namun juga manfaat jangka panjang seperti otak tetap kuat dan aktif hingga tua.

BACA JUGA:Ini Dia 14 Wajah Baru Anggota DPRD Bengkulu Tengah yang Bakal Dilantik, 11 Wajah Lama

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Indomaret : Banjir Diskon Kebutuhan Pribadi, Rumah Tangga, Hingga Ibu dan Anak

Membaca di malam hari tidak hanya menjadi kebiasaan yang menyenangkan, tetapi juga membawa banyak manfaat positif bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Dengan berbagai manfaat tersebut, kebiasaan ini dapat menjadi investasi jangka panjang bagi kesejahteraan Anda.

Jadi mengapa tidak memulai kebiasaan membaca sebelum tidur? Ambil buku favorit Anda dan nikmati malam yang lebih tenang dan berkualitas.

Kategori :