Laptop Tiba-tiba Lemot? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Selasa 03-09-2024,22:20 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

RAKYATBENTENG.COM - Penting bagi pengguna untuk mengetahui penyebab dari beberapa masalah umum yang terdapat pada laptop. Salah satunya adalah penyebab laptop lemot atau lambat dalam memproses perintah pengguna. 

Performa yang lemot atau lamban merupakan masalah yang umum terjadi saat menggunakan laptop. Bisa terjadi secara tiba-tiba disaat sedang dioperasikan. Sehingga pengguna kesulitan memuat file atau membuka aplikasi. Penting untuk memahami penyebab laptop lambat agar pengguna dapat memperbaikinya. 

Penjelasan lebih lengkap mengenai beberapa penyebab laptop lemot baik secara software maupun hardware sebagai berikut.

BACA JUGA:Butuh Smartphone Tahan Banting untuk Mendukung Aktivitas Ekstrem? Berikut Rekomendasi yang Bisa Dicoba

BACA JUGA:BKN Rilis Update Terbaru Statistik Pelamar CPNS 2024: Pelamar Tembus 2.053.173, TMS 73.705

1. Gangguan Sistem Perangkat Lunak

Penyebab laptop lemot yang pertama bisa terjadi karena adanya masalah pada sistem software. Bug atau glitch pada sistem software dapat mengganggu kinerja pemrosesan laptop sehingga membuatnya menjadi lebih lambat.

2. Perangkat Lunak Sudah Usang

Software yang kadaluwarsa atau ketinggalan jaman juga bisa menjadi penyebab laptop lemot. Perangkat lunak yang ketinggalan jaman dapat menyebabkan sejumlah masalah yang dapat memperlambat laptop Anda.

BACA JUGA:5 Pilihan HP Oppo Harga Rp2 Jutaan yang Cocok Buat Kebutuhan Gaming

BACA JUGA:PT MUM Buka Loker BUMN Bagi Lulusan SMA, Cek Posisi yang Dibutuhkan Disini

3. Ada Virus

Penyebab laptop lemot adalah virus atau malware. Virus dapat merusak atau merusak perangkat lunak sistem. Virus juga dapat membuat kinerja laptop menjadi sangat buruk. Lalu laptop bisa lemot secara tiba-tiba.

4. Terlalu Banyak Aplikasi

Laptop dapat memuat aplikasi dalam jumlah terbatas secara bersamaan, tergantung pada kapasitas RAM (Random Access Memory). Jika banyak aplikasi yang terbuka maka proses di laptop akan semakin lambat.

Kategori :