Rutinitas Harian Ini Bisa Tekan Hipertensi, Boleh Dicoba

Kamis 29-08-2024,17:48 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

5. Latih Pernapasan Dalam

Situasi stres dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara, dan stres kronis dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka panjang. Oleh karena itu, mengelola stres merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah secara alami. 

Latihan yang melibatkan pernapasan dalam, seperti meditasi atau yoga, dapat membantu, hindari stres di pagi hari. Terapkan juga teknik mindfulness pada setiap aktivitas agar Anda tidak terburu-buru dan mudah stres.

6. Minum Air Cukup

Disarankan untuk memulai hari dengan minum segelas air. Minum hanya membantu mengatur volume darah, yang dapat menurunkan tekanan darah. Jika Anda tidak menyukai rasa airnya, Anda bisa memilih air beraroma sebagai alternatifnya. Anda bisa menambahkan jus lemon atau irisan buah untuk lebih meningkatkan rasa dan nilai gizi air.

BACA JUGA:Mau Ikut Tes CPNS 2024? Yuk Kenali Dulu Jenis-jenis Soal yang Akan Diujikan

BACA JUGA:Gempa Bumi Magnitudo 4,5 Guncang Bengkulu Sabtu 24 Agustus 2024, di Sini Pusatnya

7. Hindari Kopi

Banyak orang tidak bisa melewati pagi hari tanpa secangkir kopi. Sayangnya, secangkir kopi di pagi hari bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, karena kandungan kafein dalam kopi bersifat stimulan. Selain meningkatkan semangat, kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah.

Hal ini dimungkinkan karena kafein menghambat hormon yang membantu melebarkan arteri. Selain itu, karena kafein merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan lebih banyak hormon adrenalin, sebaiknya batasi asupan kopi pagi Anda atau bahkan hindari sama sekali.

Ada beberapa kebiasaan pagi hari untuk menurunkan tekanan darah. Ingatlah bahwa saran-saran ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasihat medis. Jika Anda sudah menderita hipertensi, penting untuk menemui dokter untuk mendapatkan nasihat dan pengobatan khusus untuk tekanan darah tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kategori :