Daftar Berkas Penting yang Harus Dipersiapkan Peserta saat Mengikuti Tes CPNS 2024

Jumat 23-08-2024,11:38 WIB
Reporter : Mezi Adriansa
Editor : Nanang Setiawan

Surat lamaran adalah dokumen yang berisi permohonan untuk mengikuti seleksi CPNS di instansi tertentu. Surat ini harus ditulis dengan format resmi dan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh instansi yang dilamar. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan asli Anda pada surat lamaran ini.

BACA JUGA:Tahun Ajaran Baru, Banyak Kampus Mencatatkan Rekor Muri, Ada dari Bengkulu, Berikut Daftarnya

BACA JUGA:Ini Website Resmi Beli e-Meterai untuk Daftar CPNS 2024

5. Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah ringkasan perjalanan hidup yang mencakup riwayat pendidikan, pengalaman kerja, serta keterampilan yang dimiliki. Pastikan CV yang Anda buat informatif, jelas, dan terstruktur dengan baik. Tambahkan pula prestasi-prestasi yang relevan untuk memperkuat profil Anda.

6. Sertifikat Kompetensi atau Pelatihan

Jika Anda memiliki sertifikat kompetensi atau pelatihan yang relevan dengan posisi yang dilamar, sertakan dokumen ini sebagai tambahan. Sertifikat ini bisa menjadi nilai plus yang membedakan Anda dari pelamar lain. Pastikan sertifikat tersebut dilegalisir dan disusun rapi bersama berkas lainnya.

BACA JUGA:Rekomendasi HP Murah Spek Dewa Terbaik 2024: Ada Xiaomi, Realme, Oppo, Samsung

BACA JUGA:Masih Dibulan Agustus, Ini 9 Film Perjuangan di Masa Penjajahan yang Bisa Ditonton

7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK merupakan dokumen yang menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki catatan kriminal. Dokumen ini bisa diperoleh di kantor kepolisian setempat. Proses pengurusannya memerlukan waktu, jadi pastikan Anda mengurusnya lebih awal sebelum masa pendaftaran CPNS dibuka.

8. Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat biasanya diminta oleh instansi untuk memastikan bahwa Anda dalam kondisi fisik dan mental yang baik. Surat ini bisa didapatkan di rumah sakit atau puskesmas. Pastikan surat keterangan sehat yang Anda peroleh masih berlaku pada saat pendaftaran.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Tengah Buka 314 Formasi CPNS, Ada 11 Formasi Lulusan SMK, Cek Disini Lengkapnya

BACA JUGA:Darah Rendah dan Kurang Darah, Beda atau Sama? Simak Nih Penjelasannya

9. Dokumen Pendukung Lainnya

Kategori :