Awas! Stroke Bisa Menyerang Anak Muda Loh, Berikut 7 Tips Menghindari Stroke di Usia Muda

Jumat 02-08-2024,20:12 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

Alkohol tidak hanya mempengaruhi tekanan darah, namun juga berkontribusi terhadap penurunan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Jika Anda rutin minum alkohol, cobalah menguranginya sesegera mungkin. Mengganti minuman beralkohol dengan air minum kemasan atau jus buah segar bisa lebih menyehatkan.

5. Kelola Stres Dengan Baik

Stres yang tidak dikelola dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung dan pembuluh darah. Healthline merekomendasikan teknik manajemen stres, seperti meditasi, yoga, atau hobi yang Anda sukai, yang dapat mengurangi tingkat stres. Kualitas tidur yang baik juga penting untuk menjaga keseimbangan mental dan fisik.

Mengatur waktu dengan baik dan tidak berlebihan juga dapat mengurangi stres. Jika Anda merasa pekerjaan Anda terlalu membebani, jangan ragu untuk meminta bantuan. Selain itu, meluangkan waktu untuk beristirahat dan bersantai juga penting untuk menjaga kesehatan mental Anda.

6. Periksa Kesehatan Secara Rutin

Pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat mengidentifikasi faktor risiko stroke seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Menurut Medical News Today, pemeriksaan dan pengobatan medis yang tepat dapat mencegah stroke. Temui terus dokter Anda dan ikuti petunjuk dokter.

Anda selalu dapat memeriksa kesehatan Anda dan bertindak cepat jika ada masalah. Dokter Anda juga dapat memberi Anda saran dan tindakan pencegahan yang sesuai. Beberapa penyakit mungkin tidak menunjukkan gejala awal, jadi jangan menunggu hingga gejala muncul.

7. Pertahankan Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko stroke karena berhubungan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Healthline merekomendasikan untuk menjaga berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

Hindari makanan ekstrim dan pilih pola makan yang seimbang. Menjaga berat badan ideal akan meningkatkan energi dan kualitas hidup Anda. Ingatlah selalu untuk memantau berat badan Anda dan menyesuaikannya jika perlu.

Menghindari stroke di usia muda tidaklah sulit jika Anda sehat. Mengikuti tujuh tips di atas akan membantu Anda menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mengurangi risiko stroke. Ingatlah bahwa perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari dapat berdampak besar pada kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kategori :