Mobil Bermesin Diesel dan Bensin Miliki Kelebihan Serta Kekurangan, Ini Dia Perbedaan Keduanya

Jumat 19-07-2024,10:05 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

Torsinya yang tinggi juga sangat berguna saat kendaraan menanjak di tanjakan terjal. Jadi, jika Anda tinggal di daerah terjal dan berbukit, lebih baik mobil diesel dibandingkan mobil bensin.

Namun mobil diesel hanya memiliki kelemahan pada top speed dan akselerasinya. Sebab, mesin diesel hanya bekerja pada putaran rendah. Saat ini, mobil berbahan bakar bensin lebih baik dan lebih cepat. Mobil berbahan bakar bensin sangat cocok untuk Anda yang suka melaju kencang di jalan tol.

BACA JUGA:Ini Dia Beberapa Olahraga Ringan yang Bisa Menghilangkan Stres, Minat Mencoba?

BACA JUGA:Deretan Desa Terindah di Dunia Ini Bisa Anda Kunjungi, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh

3. Biaya Perawatan

Mesin diesel terbuat dari bahan yang lebih berkualitas dibandingkan mesin bensin. Hal ini dikarenakan semakin tinggi rasio kompresi yang terjadi pada mesin diesel memerlukan sumber daya yang lebih besar dibandingkan mesin bensin. 

Oleh karena itu wajar jika harga mobil diesel lebih mahal dibandingkan mobil bensin, karena bahannya mahal, perawatan dan suku cadangnya lebih mahal dibandingkan mobil bensin. Tapi jangan khawatir. Hal ini karena mesin diesel cenderung tidak mengalami kerusakan jika dirawat sesuai petunjuk pabrik.

4. Harga Mobil Diesel Lebih Mahal

Untuk kendaraan sekelas, kendaraan baru berbahan bakar diesel lebih mahal dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin. Bisa kita lihat perbedaan Toyota Innova Bensin dan Toyota Innova Diesel. Keduanya merupakan Innova, namun selisih harga keduanya bisa mencapai puluhan juta rupiah. 

BACA JUGA:Berminat Miliki Mobil Mungil Bergaya Retro, Ini Beberapa Rekomendasi untuk Anda

BACA JUGA:Sering Transaksi Menggunakan QRIS? Ini Beberapa Modus Penipuan Transaksi QRIS dan Tips Menghindarinya

Mobil diesel lebih mahal dibandingkan mobil berbahan bakar bensin, hal ini disebabkan karena mesin diesel dibuat dengan kualitas yang lebih tinggi dibandingkan mesin bensin sehingga memiliki biaya produksi yang lebih tinggi. 

Akibatnya harga mobil Anda akan lebih mahal, namun jangan khawatir, nilai jual kembali mobil diesel lebih tinggi dibandingkan mobil bensin. Jika melihat pasar mobil bekas, harga mobil diesel jauh lebih mahal dibandingkan mobil bensin.

5. Diesel Tidak Senyaman Bensin

Bukan mitos, memang benar tampilan mobil diesel tidak sebagus mobil bensin. Hal ini dikarenakan mesin diesel lebih bergetar dibandingkan mesin bensin. Getaran mesin menjalar ke interior dan mengurangi kenyamanan berkendara. 

Selain itu, mesin diesel lebih kasar dibandingkan mesin bensin. Dan jangan lupa, mesin diesel mengeluarkan asap hitam. Sebab, mobil diesel kurang cocok digunakan sehari-hari.

Kategori :