Fenomena Psikologi Cashless Effect Bisa Bikin Keuangan Anda Jebol? Ini Faktanya

Selasa 18-06-2024,17:42 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

Psikolog telah menemukan bahwa "rasa sakit" dalam membayar merupakan faktor penting dalam membuat keputusan keuangan. Pembayaran non tunai dapat menghilangkan rasa sakit ini, mengurangi hambatan psikologis dalam berbelanja, dan mendorong belanja.

BACA JUGA:Spesifikasi Oppo A77s: Smartphone Tangguh dengan Fitur Kekinian, Ini Harga Terbarunya

BACA JUGA:KPK Turun Tangan Awasi Penerimaan Peserta Didik Baru 2024, Cegah Praktik Suap dan Pemerasan

3. Pengaruh Cashless Effect Pada Belanja Online

Transfer non tunai membuat belanja online menjadi lebih mudah dan cepat. Namun fleksibilitas ini mempunyai efek samping. Ini berarti menghabiskan lebih banyak uang. Raghubir dkk (2009) menemukan bahwa orang yang menggunakan kartu kredit untuk pembelian online menghabiskan lebih banyak uang dibandingkan mereka yang menggunakan uang tunai. 

Fitur ini disempurnakan dengan desain website dan aplikasi yang memudahkan penambahan item ke keranjang belanja dan checkout dengan cepat. Tanpa menghitung uang atau menulis cek, kita mungkin tidak tahu persis berapa banyak uang yang kita keluarkan.

BACA JUGA:BKPSDM Bengkulu Tengah Ucapkan Selamat Hari Raya Iduladha, Pesankan Ini kepada ASN

BACA JUGA:Inspektorat Daerah Bengkulu Tengah: Selamat Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah

4. Eksperimen Cashless Effect Pada Mesin Penjual Otomatis

Eksperimen dengan mesin penjualan otomatis menunjukkan tingginya cashless effect. Peneliti dari Cornell University menemukan bahwa penjualan coklat hampir dua kali lipat ketika mesin menerima kartu kredit dibandingkan dengan mesin yang hanya menerima uang tunai. 

Hasil tersebut menunjukkan bahwa ketersediaan pembayaran kartu kredit berpengaruh terhadap keputusan pembelian impulsif. Jika kita tidak memikirkan uang yang kita belanjakan, kemungkinan besar kita akan mengambil keputusan pembelian impulsif.

BACA JUGA:Ramaikan Ajang GIIAS 2024, Pabrikan Bakal Hadirkan Model Mobil Terbaru, Termasuk Hyundai

BACA JUGA:Vivo Y18: HP Murah Terbaru Hanya Rp1 Jutaan dengan RAM 8/128GB, Ini Spesifikasi Lengkapnya

5. Dampak Desain Produk Yang Memanfaatkan Cashless Effect

Merancang produk dan layanan untuk memaksimalkan cashless effect tanpa disadari dapat menyebabkan pelanggan mengeluarkan uang lebih banyak. 

Ketika kita tidak melihat uang secara fisik, kita cenderung membelanjakan lebih banyak karena hubungan mental antara uang dan nilai hilang. Artinya, perusahaan dapat merancang produk dan layanannya sedemikian rupa sehingga menguntungkan kepentingan tersebut. 

Kategori :