Mau Ikut Pelatihan AI? Google Siapkan 10.000 Beasiswa

Rabu 05-06-2024,16:49 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

Mau Ikut Pelatihan AI? Google Siapkan 10.000 Beasiswa

RAKYATBENTENG.COM - Senin 6 Maret 2024, Google meluncurkan beasiswa pelatihan kecerdasan buatan (AI) untuk 10.000 siswa. Beasiswa ini ditawarkan melalui Program Beasiswa Digital Talent Kementerian Komunikasi dan Program Sertifikat Google Karier (Google Career Certificates) yang bekerja sama dengan Telkom Indonesia. 

Menurut Google, akses terhadap pelatihan AI sangat penting untuk membekali tenaga kerja dengan keterampilan yang mereka perlukan agar berhasil mengatasi peluang dan tantangan yang dihadirkan AI saat ini.

“Program komprehensif ini mencakup pelatihan ahli, bimbingan pribadi, dan penghargaan yang diakui industri,” kata Google pada konferensi Google AI Indonesia Emas 2045.

Program Beasiswa Pelatihan AI merupakan bagian dari upaya Google untuk menciptakan tenaga kerja siap AI yang dituangkan dalam Agenda AI Opportunity untuk Indonesia Emas 2045. 

BACA JUGA:Pembentukan Konsorsium Gerakan Bangun Nusantara, MENPORA: Selaras dengan Pemuda dalam Pembangunan IKN

BACA JUGA:Nasib Guru Honorer di Bengkulu Tengah: Mengabdi Sejak 2010 Digaji Rp180 Ribu, Diangkat GTTD Hanya Selama 1 Jam

Menurut Google, teknologi AI adalah yang paling ampuh untuk mentransformasi perekonomian Indonesia dengan cara, meningkatkan produktivitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kecerdasan buatan akan meningkatkan output perekonomian Indonesia sebesar Rp 2,612 triliun (US$167 miliar) pada tahun 2030. 

Angka ini setara dengan sekitar 13% PDB Indonesia pada tahun 2022. Google juga mengatakan bahwa banyak penelitian menunjukkan, teknik dapat memindahkan hingga 23 juta pekerjaan pada tahun 2030. Namun pada saat yang sama, antara 27 dan 46 juta lapangan kerja baru akan tercipta.

"Estimasi ini menunjukkan bahwa pada tahun 2030, jauh lebih banyak pekerjaan akan diciptakan daripada yang hilang akibat otomatisasi," kata Google.

Untuk itu, Google berupaya proaktif mengambil pendekatan strategis untuk ikut serta menciptakan tenaga kerja siap AI di Indonesia. Selain beasiswa pendidikan AI, Google juga menambahkan kurikulum terkait AI ke dalam program Bangkit. Sekitar 9.000 siswa belajar di Bangkit pada tahun 2024. 

BACA JUGA:Vivo X100 Ultra Hadir Bawa Teknologi Super Canggih, Smartphone Flagship Mewah Incaran Para Sultan

BACA JUGA:Lengkap! Usai Listrik Padam, Provinsi Bengkulu Diguncang Gempa Magnitudo 5,7, Cek Pusatnya

Bangkit 2024 adalah program persiapan karir yang memberikan pelatihan terstruktur bagi pelajar dan mahasiswa bisnis di tiga bidang studi: pembelajaran mesin, pengembangan seluler, dan komputasi awan. Bangkit 2024 ditawarkan sebagai program pendidikan khusus yang terakreditasi di kampus Merdeka.

Kategori :