Libur Lebaran Berat Badan Naik? Simak Cara Menurunkannya

Senin 15-04-2024,14:22 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

Libur Lebaran Berat Badan Naik? Simak Cara Menurunkannya

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Makanan khas hari raya biasanya tinggi kalori dan gula dan dapat menyebabkan penambahan berat badan jika dimakan berlebihan. 

Faktanya, kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko terkena penyakit serius seperti penyakit jantung dan diabetes tipe  2. 

Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menurunkan berat badan kembali dengan mengurangi porsi makan dan rutin berolahraga. 

Untuk lebih jelasnya, simak cara menurunkan berat badan setelah lebaran lainnya di bawah ini.

Tingkatkan asupan serat Anda. Serat diserap lebih lambat melalui sistem pencernaan dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu Anda menurunkan berat badan. 

Banyak makanan tinggi serat, termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. 

BACA JUGA:Heboh Aturan Ganti Seragam Sekolah, Ini Sosok Pencetus Warna Seragam Sekolah SD, SMP dan SMA

BACA JUGA:Catat, Jadwal Operasional Bank Mandiri, BRI, BNI dan BSI setelah Libur Lebaran

Mengontrol ukuran porsi Makan dalam jumlah besar dapat menyebabkan penambahan berat badan. 

Jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat, disarankan untuk mengontrol asupan makanan dan memperbanyak frekuensi makan.

Pendekatan ini lebih baik daripada makan makanan dalam jumlah besar tetapi jarang memakannya. Minum air putih Penuhi kebutuhan cairan harian tubuh dengan minum air putih tidak hanya mencegah dehidrasi, tapi juga bisa membantu menurunkan berat badan. 

Minum air putih minimal dua liter sehari dapat mengurangi asupan makanan, membakar lemak sehingga menurunkan berat badan. Tidur kurang dari tujuh jam sehari terbukti meningkatkan indeks massa tubuh dan meningkatkan risiko obesitas.

Untuk menurunkan berat badan, disarankan untuk tidur minimal tujuh jam setiap malam. Kurangi kebiasaan meminum minuman manis, karena meminum minuman manis meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan. 

BACA JUGA:Keutamaan Puasa Syawal Saat Lebaran, Pahalanya Setara dengan Puasa Setahun Penuh

Kategori :