Presiden Jokowi Lantik Menteri Pertanian dan KASAD, Ini Dia Sosoknya

Rabu 25-10-2023,11:23 WIB
Editor : Leonardo Ferdian

Presiden Jokowi Lantik Menteri Pertanian dan KASAD, Ini Dia Sosoknya

RAKYAT BENTENG.COM - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) melantik Menteri Pertanian pengganti Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mengundurkan diri awal bulan ini setelah dirinya tersandung kasus dugaan korupsi yang ditangani KPK. Menteri Pertanian pengganti SYL sesungguhnya bukanlah sosok baru dalam kabinet Presiden Jokowi, mengingat ia pernah menduduki jabatan tersebut terhitung dari 27 Oktober 2014 hingga 23 Oktober 2019.

Andi Amran Sulaiman, Putra asli Kabupaten Bone ini kembali dipercaya memimpin Kementerian Pertanian. 

Presiden Jokowi melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian di Istana Negara, Rabu 25 Oktober 2023 pagi. 

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2019-2024.

Usai pembacaan Keppres yang dilakukan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Nani Purwati tersebut, Presiden Joko Widodo kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Amran Sulaiman.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. 

BACA JUGA:Biadab! Serangan Brutal Israel Telah Menghancurkan 31 Masjid di Gaza

BACA JUGA:Dahsyatnya Kekuatan Doa, Viral Warga di Jambi Sholat Istisqa dan Berdoa Meminta Hujan, Lihatlah yang Terjadi

BACA JUGA:Menjelang Subuh, Mobil Honda Jazz Tabrak Warung Manisan Warga Talang Empat Bengkulu Tengah, Begini Kondisinya

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Amran dilansir dari situs resmi setkab.go.id. 

Selain Menteri Pertanian, Presiden juga melantik Letnan Jenderal (Letjen) Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di tempat yang sama. Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 89/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ujar Presiden mendiktekan sumpah jabatan kepada Agus.

Agus dilantik menggantikan pendahulunya Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang tengah memasuki masa pensiun. Dengan pelantikan ini, Agus yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil KSAD memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat yaitu menjadi jenderal.(tim)

Kategori :