Apesnya Pencuri Mobil Satu Ini, Identitasnya Terungkap Gara-Gara Seekor Nyamuk, Kok Bisa?

Jumat 29-09-2023,22:39 WIB
Editor : Leonardo Ferdian

Apesnya Pencuri Mobil Satu Ini, Identitasnya Terungkap Gara-Gara Seekor Nyamuk, Kok Bisa?

RAKYAT BENTENG.COM - Kejadian ini berlangsung sekitar tahun 2008 lalu. Pihak Kepolisian Finlandia berhasil mengungkap kasus pencurian mobil berkat nyamuk. Ya hewan serangga yang menjengkelkan karena mengisap darah dan pembawa penyakit itu berjasa besar dalam membantu tugas polisi.

Dihimpun dari berbagai sumber, terjadi pencurian mobil di kawasan Lapua, sekitar 380 Kilometer di Utara Helsinki, Ibu Kota Finlandia. Tak beberapa lama, didapat laporan bahwa mobil diketemukan dekat rel kereta api, atau berjarak kurang lebih 25 Kilometer dari lokasi terakhir sebelum hilang. 

Saat disambangi petugas, mobil dalam keadaan kosong. Petugas pun lalu memeriksa setiap bagian mobil, luar dalam dengan harapan memperoleh petunjuk untuk mengungkap pelaku yang telah membawa kabur mobil tersebut. 

Di sini kejelian petugas patut diacungi jempol dan layak mendapat penghargaan. Tak ada yang luput dari pemeriksaan, sampai-sampai ada terlihat seekor nyamuk mati. Cukup unik bukan! Dapat dibayangkan sekecil apa ukuran nyamuk di dalam mobil namun tetap kelihatan, dan tak disangka-sangka berkat nyamuk itulah pelaku bisa terungkap.

Secara spontan, tanpa ada perencanaan sama sekali, polisi membawa bangkai nyamuk yang diduga kekenyangan sehabis mengisap darah tersebut ke laboratorium. Di sana dilakukan ekstrak DNA dari darah yang disedot nyamuk. Hasil dari laboratorium kemudian dicocokkan dengan data di kantor polisi.

’’Patroli polisi menginspeksi mobil tersebut, dan di dalamnya ditemukan seekor nyamuk yang tampaknya habis mengisap darah,’’ ujar Inspektur Polisi Sakari Palomaeki kepada AFP. 

Polisi pun akhirnya mendapatkan identitas terduga pelaku. Namun saat diinterogasi pelaku berkelit bahwa ia bukan pelakunya. Tak lantas menyerah, lanjut Palomaeki, perlu campur tangan pengadilan untuk memutuskan apakah bukti tersebut cukup kuat dan valid untuk menjerat pria yang DNA darahnya cocok dengan darah dari nyamuk tadi.

’’Memang, penggunaan nyamuk sangat tidak biasa dalam penyelesaian tindak kriminal (Apalagi) tidak mudah menemukan nyamuk dalam sebuah mobil,’’ kata Palomaeki.(tim)

Kategori :