Dampak El Nino, Petani di Indonesia Bisa Mudah Dapatkan Rp100 Juta dengan Cara Ini

Selasa 19-09-2023,09:31 WIB
Reporter : rakyatbenteng
Editor : Leonardo Ferdian

Dampak El Nino, Petani di Indonesia Bisa Mudah Dapatkan Rp100 Juta dengan Cara Ini

RAKYATBENTENG.COM - Pemerintah Indonesia tidak ingin tidak diam dengan adanya musim El Nino yang menyebabkan kekeringan lahan pertanian. Keringnya lahan pertanian tentu berdampak pada perekonomian petani atau pelaku usaha petani dalam melakukan aktifitas produksinya.

 

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berinisiatif menghadirkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian. Program ditujukan untuk memberikan dukungan keuangan kepada petani dan pelaku usaha tani dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, memperkuat ketahanan pangan, dan mengurangi risiko gagal panen.

 

BACA JUGA:Calon Nasabah Wajib Tahu, Pinjam KUR Rp10 Juta Saja Bisa Ditolak Jika Berani Lakukan Kesalahan Ini

BACA JUGA:Peluang Pinjaman Rp50 Juta, Baca Syarat Terbaru Pinjaman Dana Tunai KUR BSI



KUR pertanian dapat diajukan oleh petani untuk berbagai keperluan, termasuk pembelian peralatan pertanian dan pompa air. Selain itu, dana dari KUR juga bisa digunakan untuk mendukung produksi pupuk organik dan kebutuhan modal usaha lainnya yang dapat meningkatkan sektor pertanian. Hal ini penting dalam menjaga ketahanan pangan nasional, terutama saat menghadapi krisis pangan global.



Dilansir dari radarmukomuko.disway.id, Dalam hal penyaluran KUR Pertanian, bank-bank seperti BRI selalu mengutamakan prioritas dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Program KUR Pertanian memiliki tiga jenis skema, yaitu KUR Super Mikro, KUR Mikro BRI, dan KUR Kecil BRI:



1. KUR Super Mikro: Program ini menyediakan kredit modal dengan plafon hingga Rp. 10 juta per debitur.

2. KUR Mikro BRI: Skema ini ditujukan untuk kredit modal kerja dengan plafon hingga Rp. 100 juta per debitur.

3. KUR Kecil BRI: Program ini memberikan kredit modal kerja dengan plafon antara Rp. 100 juta hingga Rp. 500 juta, sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas usaha petani.

 

BACA JUGA:Mudah dan Bisa di Mana Saja! Ajukan Pinjaman Lunak KUR BRI dengan Cara Ini

BACA JUGA:Ajukan Pinjaman KUR BRI Tanpa Agunan, Syaratkan Usaha Minimal 6 Bulan

Artinya, petani dapat mengajukan dana mulai dari Rp. 10 juta hingga Rp. 500 juta, tergantung pada jenis KUR yang mereka pilih. Selain itu, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk memenuhi syarat mendapatkan KUR BRI 2023, seperti tidak pernah menerima KUR sebelumnya dan memiliki dokumen seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha.



Kriteria KUR Super Mikro melibatkan debitur yang belum pernah menerima KUR sebelumnya dan memiliki waktu usaha minimal kurang dari 6 bulan. Mereka harus memenuhi salah satu persyaratan seperti mengikuti pendampingan, mengikuti pelatihan kewirausahaan, atau tergabung dalam kelompok usaha. Selain itu, dokumen seperti NIB atau Surat Keterangan Usaha juga diperlukan.

 

Kategori :