Wow! Harga Kucing Ini Melebihi dari Harga Mobil Toyota Alphard Versi Termahal Loh, Penasaran?

Kamis 03-08-2023,15:36 WIB
Reporter : rakyatbenteng
Editor : Leonardo Ferdian

RAKYAT BENTENG.COM - Kucing merupakan salah satu peliharaan favorit para pecinta hewan, termasuk di Indonesia. Hewan berkaki empat dengan suara khas meow ini dikenal akan kesetiaan, kecerdasan dan pastinya lucu dan menggemaskan. Kucing merupakan hewan karnivora predator yang berukuran kecil dengan nama latin Felis silvestris catus.

Sejak 6.000 tahun SM, kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia. Dahulu, orang Mesir Kuno menggunakan kucing untuk menjauhkan hewan pengerat seperti tikus dari lumbung penyimpan hasil panen. Kini, memelihara kucing telah menjadi hobi di kalangan masyarakat.

Adapun jenis kucing dipelihara oleh pecinta hewan, yakni kucing domestik, kucing kampung, dan kucing ras. Kucing ras merupakan hewan yang garis keturunannya tercatat resmi, seperti anggora, siam, persia, manx, sphynx, bengal, dan mainecoon.

Namun tahukah kamu bahwa di antara sederetan kucing ras ada ras jenis termahal yang harganya melebihi mobil mewah Toyota Alphard versi termahal. Berikut ulasannya dikutip dari berbagai sumber:

Kucing Ashera

Kucing Ashera diklaim ras kucing termahal nomor satu di dunia saat ini. Harga yang ditawarkan untuk mendapatkan Ashera ditaksir mencapai 112,5 dolar AS atau sekitar Rp1,9 miliar.

Bila dikonversi dengan harga mobil, mengutip laman Toyota Astra Motor, Toyota Alphard versi termahal yaitu 3.5 Q A/T dibanderol dengan harga Rp1,6 miliaran.

Kembali ke kucing Ashera, ras kucing ini diciptakan oleh peternakan kucing Lifestyle Pets di Amerika Serikat dan diiklankan sebagai kucing yang diciptakan untuk para orang kaya. Untuk menjaganya tetap eksklusif, satu peternakan kucing di Los Angeles hanya menghasilkan lima kucing Ashera dalam setahun

Memiliki tampilan yang sangat mirip dengan macan tutul, kucing Ashera adalah hasil rekayasa genetika. Menurut hasil uji DNA, kucing ini sebenarnya masuk dalam jenis kucing Savannah.

Ashera bukan ras murni karena kucing ini berasal dari penggabungan beberapa gen, mulai dari kucing rumahan biasa, kucing macan tutul Asia atau Asian Leopard Cat sampai dengan kucing ras keturunan Afrika.

Kucing Toyger

Meski sekilas terlihat gahar, sesungguhnya The Toyger tetap memiliki sifat super manja seperti hewan peliharaan pada umumnya. Selain dikenal dengan corak bulu seperti harimau, hewan satu ini juga terkenal unggul dalam segi stamina tubuh.

Berbeda dengan kucing pada umumnya yang takut dengan air, The Toyger sangat menyukai air. Berkat keunikan karakternya inilah yang menjadikan The Toyger sebagai ras idaman para pecinta kucing.

Masuk dalam daftar ras kucing termahal di dunia, harga satu ekor The Toyger ditaksir dapat mencapai ratusan juta rupiah. Harga untuk seekor The Toyger sebesar 5.000 dolar AS atau sekitar Rp800 juta.

Kucing Khao Manee

Nama Khao Manee jika diterjemahkan bahasa Thailand memiliki arti permata putih. Menurut sejarahnya, ras kucing Khao Manee sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan hanya dimiliki oleh para bangsawan kerajaan saja.

Kucing ini memiliki ciri fisik dengan berwarna putih, bulu yang pendek, halus dan pola yang polos. Selain itu, Khao Manee memiliki warna mata biru, emas, atau mata ganjil (berbeda kiri-kanan). Tidak tanggung-tanggung, harga untuk satu ekor kucing ras ini dapat mencapai 11.000 dolar AS atau sekitar Rp170 juta.

Kucing Peterbald

Ras kucing termahal selanjutnya dihuni oleh Peterbald. Kucing yang pada umumnya tidak memiliki bulu ini dibanderol sekitar US$ 5.000 atau sekitar Rp75 jutaan.

Kucing ini disukai oleh sejumlah orang karena wujudnya yang botak, tidak memiliki bulu di hampir seluruh tubuhnya. Namun, kulit kucing Peterbald sangat sensitif sehingga perlu hati-hati ketika ingin dimandikan.

Kucing Maine Coon

Kucing ras satu ini bisa dibilang sang idola para pecinta kucing, The Maine Coon. Terkenal akan sifatnya yang manja dan karakteristik fisik berbulu tebal menjadikan ras kucing The Maine Coon semakin gemas. Bentuk tubuh The Maine Coon besar dan tinggi hingga mencapai panjang 1 meter.

Meski memiliki harga selangit, kucing satu ini tetap tinggi peminat. Harga untuk satu ekor ras kucing The Maine Coon dibanderol sekitar 3.500 dolar AS atau sekitar Rp54,5 juta.

Kucing Sphynx

Kucing ras Sphynx masuk ke dalam jajaran ras kucing termahal di dunia. Untuk seekor kucing ras Sphynx harganya bisa mencapai US$ 3.000 atau sekitar Rp45 jutaan.

Sama seperti ras Peterbald, kucing Sphynx tidak memiliki bulu di hampir seluruh tubuhnya. Masih banyak orang yang keliru soal kucing yang satu ini, meski namanya langsung mengingatkan pada patung Sphinx di Mesir, aslinya kucing ras ini berasal dari Toronto, Kanada.(tim)

Kategori :