Baca Ini, Tujuh Langkah Aman Kendarai Sepeda Motor Kopling

Jumat 23-06-2023,11:15 WIB
Reporter : rakyatbenteng
Editor : rakyatbenteng

RAKYATBENTENG.COM – Selain motor matic, motor kopling juga menjadi salah satu sepeda motor yang amat digemari di Indonesia. Meski demikian, mengendarainya jugaa tidak mudah. Pasalnya, dalam mengendarainya membutuhkan banyak konsentrasi seperti penggunaan sisi kopling, gas, rem secara bersamaan. Motor kopling juga memiliki transmisi manual dengan ditambah kopling untuk memindahkan gigi. Berikut tujuh langkah dan tips aman dalam mengendarai sepeda motor kopling menurut Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, Noval Yunaidi:

 

1.   Kenali Jenis Sepeda Motor Kopling

 

Sebelum mengendarai sepeda motor kopling, kamu harus mengetahui karakteristik dari motor kopling kamu. Karena sepeda motor kopling yang memiliki kapasitas 150cc akan berbeda dengan yang memiliki kapasitas mesin 250cc. Walaupun konsep dan cara mengendarai sepeda motor kopling sama, tetapi tetap saja harus melakukan penyesuaian sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari motor yang terlalu menghentak saat melepas kopling, karena ini bisa berbahaya terhadap keselamatan kita.

 

2.   Pelajari Sistem Kerja Kopling

 

Mempelajari sistem kerja kopling merupakan sesuatu yang penting. Kopling berfungsi untuk memindahkan gigi secara halus. Letak panel kopling terletak di tuas tangan kiri kamu (kanan rem depan, dan kiri adalah kopling). Ketika kamu mulai menarik tuas kopling, lempeng kopling akan ditekan oleh kampas rem sehingga berhenti, dan di saat berhenti inilah biasanya kita bisa memindahkan gigi yang ada pada motor.

 

Jadi fungsi utama dari kopling ini adalah memutus penggerak yang biasanya berbentuk transmisi dan gear ke mesin, sehingga kita mudah untuk mengganti gigi ke lebih tinggi atau yang ke lebih rendah.

 

3.   Lepas Kopling Secara Perlahan

 

Bagi para pengguna motor kopling pemula, saat menaiki sepeda motor kopling yaitu dengan cara melepas kopling. Cara melepas kopling sangat mempengaruhi lajunya kendaraan bermotor. Semakin pelan dan hati – hati dalam melepas kopling maka laju sepeda motor menjadi semakin halus. Perlu diperhatikan bagi pengendara untuk hindari melepas kopling secara mendadak, karena kita akan terhentak dan juga bisa membahayakan diri kita sendiri.

 

4.   Kenali Engine Brake Dan Biasakan Menggunakannya

 

Satu hal yang menjadi keunggulan dari sepeda motor kopling adalah Engine Brake. Engine Brake merupakan sebuah   pengereman yang terjadi karena mesin, transmisi yang bekerja di dalam mesin sepeda motor saat kita melepas tuas gas.Dalam kecepatan tinggi Engine Brake membantu kita untuk melakukan pengereman. Kesalahan yang sering terjadi pada pengendara pemula adalah saat ingin melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, mereka juga menekan tuas kopling. Hal tersebut sangat membahayakan. Oleh karena itu, biasakan gunakan kopling atau menarik tuas kopling saat mau berhenti atau dalam kecepatan kecil.

 

5.   Latih Perpindahan Kopling Di Torsi Yang Optimal

 

Perpindahan gigi ada baiknya dilakukan pada putaran mesin di sekitar 2300 – 2500 rpm. Jadi yang dimaksud optimal bukan dalam perpindahan tinggi yang optimal. Namun putaran mesin di sekitar 2300 – 2500 rpm bukan menjadi patokan ya, biasakan mengambil rpm terendah karena jenis sepeda motor kopling pasti berbeda-beda.

 

6.   Perhatikan Penggunaan Gas

 

Penggunaan gas pada sepeda motor kopling juga perlu diperhatikan. Saat motor baru berjalan dari kondisi berhenti kemudian sudah mulai berjalan dengan baik, ada baiknya jika kita menambah gas secara perlahan – lahan, jangan langsung hentak gas ke posisi terbuka. Hal ini dilakukan untuk menghindari sepeda motor menghentak keras.

 

7.   Pelajari Terus Cara Berkendara Yang Aman

 

Dengan kamu sudah bisa mengendarai sepeda motor kopling dengan baik. Tugas kamu adalah meningkatkan kemampuan kamu dalam berkendara sesuai dengan stkamur keamanan yang ada. Dengan mempelajari cara berkendara yang aman itu berarti kamu menyelamatkan diri kamu sendiri, dan lingkungan di sekitar kamu.

Kategori :