Raih ISO 22301, Bank Mandiri Pastikan KehandalanOperasional Bisnis Berstandar Internasional dan PrinsipESG

Sabtu 17-06-2023,09:33 WIB
Reporter : admin52rakyatbenteng
Editor : admin52rakyatbenteng

RAKYATBENTENG.COM -  Bank Mandiri menjadi bank  KBMI 4 pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 22301 tentang sistem manajemen keberlangsungan bisnis  atau  Business Continuity Management  System   (BCMS)  berstandar internasional dari  lembaga sertifikasi  global British Standard Institution. Sertifikasi diberikan unt u k sejumlah unit kerja kritikal yang merupakan lini utama dalam bisnis Bank Mandiri.

 

“Dengan  adanya sertifikasi tersebut ,  berarti  Bank Mandiri telah me ne rapkan standar internasional  dalam  memastikan keberlangsungan   bisnis   dan   memitigasi   risiko   terjadi nya gangguan  operasional ,  sehingga layanan pada nasabah tetap berjalan dengan baik  ( Product Governance ) ,” ungkap  SVP  Business Continuity Management  Bank  Mandiri   I Made  Wahyu Arjaya  di Jakarta,  Jumat   (1 6 /6).

 

Upaya memberikan layanan unggul itu, kata nya , sejalan dengan komitmen Bank Mandiri di bidang  Environment, Social,  dan  Governance  (ESG), yakni terkait dengan tata kelola dalam hubungan dengan pemangku kepentingan ( stakeholder governance ). Apalagi, sertifikasi itu  termasuk  bagian dari sistem untuk melindungi kepentingan nasabah berkenaan dengan  sustainable operation . 

 

Selain   itu , b agi Bank Mandiri sebagai penyedia layanan finansial, ISO 22301 menjadi sangat penting, karena posisi Bank Mandiri sebagai Bank Sistemik dan tuntutan stakeholder untuk ketersediaan layanan finansial selama 24 jam dan tanpa hambatan  sehingga perusahaan harus bisa menangani secara cepat apapun gangguan yang terjadi, kata Made.

Dia menambahkan, lembaga keuangan dan institusi di luar negeri juga memandang bahwa  Business Continuity Management  (BCM) merupakan standar yang sangat penting, sehingga menjadi perhatian   khusus .

 

Implementasi yang telah dilak ukan oleh Bank Mandiri dalam ran gka menghadapi kondisi gangguan  meliputi   governance & procedures   yang  terdiri   dari   organisasi ,  kebijakan  &  prosedur yang  jelas   dan   lengkap ,   preparadness / persiapan   mengha dapi kondisi   bencana   berupa   uji   coba  tanggap darurat, pemulihan bisnis  dan pem ulihan IT,  serta   crisis management   berupa penanganan  &  eskalasi   kejadian   bencana   dan   komunikasi   krisis .

 

Beberapa unit kerja kritik al yang tersertifikasi  ISO  2230 1 tersebut antara lain  Unit  Business Continuity Management, Tekno logi Informasi, Treasury,  Cash and Trade  Operations ,  serta  Electronic Channel Operations . 

 

ISO 22301 merupakan sistem manajemen keberlangsungan bisnis atau  Business Continuity Management System  (BCMS) yakni model pendekatan menyeluruh terhadap  ketahanan  organisasi ,  yang bertujuan untuk mempersiapkan, menyediakan, dan mengendalikan kemampuan organisasi secara keseluruhan untuk terus beroperasi selama terjadi gangguan.

" Melalui   penerapan  BCMS  sebagai   bagian   dari  proses  bisnis ,  diharapkan   dapat   meningkatkan   resiliensi   dan   kepastian pencapaian   sasaran   dalam   menghadapi   berbagai   macam   kondisi yang  mengancam   keberlangsungan  proses  bisnis   sehingga kepercayaan   stakeholder  dapat   terjaga   dan   visi  Bank  Mandiri menjadi  partner  finansial   pilihan   utama   dapat   terwujud ,”  tutup Made.

 

Tags :
Kategori :

Terkait